Awal Agustus, Festival Buleleng Kembali Digelar Hibur Warga dan Wisatawan

  26 Juli 2016 HIBURAN Denpasar

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Buleleng Festival IV 2016 dijadwalkan akan digelar pada 2-7 Agustus 2016 di Tugu Singa Ambaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kepala Dinas Pariwisata Bali, AA Agung Yuniartha menyatakan jika Buleleng Festival ini akan mempromosikan potensi pariwisata Buleleng dengan menyajikan kombinasi antara seni, budaya, pendidikan dan lingkungan sosial.

Menurut pria yang biasa disapa Agung itu, di acara tersebut juga akan ada parade tari joged akbar khas Buleleng yang ditampilkan 100 orang penari. "Buleleng Festival ini juga akan memperkenalkan kuliner unggulan khas Buleleng," ucapnya di Denpasar, Selasa (26/7/2016).

Ia menuturkan jika Buleleng memiliki tari-tarian yang memiliki banyak fungsi dalam masyarakat, termasuk tarian sakral. "Tarian yang sakral dipusatkan di Puri, sementara yang diluar bersifat sakral dipentaskan di Sasana Budaya dan panggung. Semua bisa dinikmati oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara," ungkapnya.

Agung menuturkan jika Buleleng Festival awalnya dimulai pada 2013 lalu. Acara ini digelar berdasarkan ide melestarikan, mendokumentasikan, serta mempromosikan budaya lokal di Kabupaten Buleleng. 

Festival tahunan di Buleleng ini, diharapkan menjadi daya tarik khusus bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. 

"Selamat dan sukses buat Festival Buleleng 2016," ujar Menpar Arief Yahya yang juga mempromosikan festival di Bali Utara itu.(BB/inilah).