Asesmen Lapangan Akreditasi, Tim Asesor LAM-PTKes Kunjungi Prodi Patologi Klinik FK Unud

  21 September 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Tim Asesor LAM-PTKes kunjungi Program Studi Spesialis Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) dalam rangka asesmen lapangan akreditasi.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Tim Asesor LAM-PTKes kunjungi Program Studi Spesialis Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK  Unud) dalam rangka asesmen lapangan akreditasi. Acara Pembukaan asesmen dihadiri oleh Rektor Unud, Ketua LP3M, Perwakilan LPPM, USDI, UPT Perpustakaan, Para Wakil Dekan, Senat, Koorprodi, Dosen, Mahasiswa, Alumni, RS Jejaring dan undangan lainnya bertempat di Ruang Pertemuan dr. A.A Made Djelantik FK Unud Kampus Sudirman Denpasar, Kamis (21/9/2023). 

Adapun Asesor yang hadir yakni Prof. dr. Budi Mulyono, Sp.PK(K), MM dan Dr. dr. Agnes Rengga Indrati, Sp.PK(K), M.Kes. Dekan Fakultas Kedokteran dalam hal ini diwakili Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Dr. dr. I Gede Wiratnaya, Sp.OT (K) dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah dilakukan persiapan untuk visitasi lapangan ini. 

Fakultas Kedokteran saat ini memiliki 34 Program Studi dan pihaknya bersyukur karena sekitar 50 persen atau 17 Prodi telah terakreditasi Unggul dan berharap Prodi yang masih terakreditasi B dan A juga menjadi unggul termasuk Prodi Patologi Klinik. “Mudah-mudahan setelah proses asesmen ini dan dilakukan verifikasi akreditasi Prodi bisa naik level menjadi unggul,” ucapnya.

Tim sudah bekerja keras dan berusaha maksimal dimulai dengan SPMI secara reguler, dimana SPMI di tingkat universitas dilakukan oleh LP3M, kemudian di fakultas oleh UP3M dan di Prodi oleh Tim Pelaksana Penjaminan Mutu Prodi. Disamping itu juga sudah dilakukan AMI yang melibatkan auditor dari lintas fakultas. 

Pihaknya berharap potret dari SPMI sama dengan potret SPME dan Prodi meraih akreditasi maksimal yakni unggul. Tentunya kedepan akan mencanangkan akreditasi internasional untuk Prodi yang sudah terakreditasi unggul yakni menuju ACIIN. “Kita semua berharap meraih Unggul,” ujar Wakil Dekan.

Sementara Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya sekaligus membuka asesmen menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Asesor di FK Unud. Dengan kedatangan Asesor akan mendapatkan hal-hal yang harus ditindaklanjuti ke depannya dan bisa memberikan hasil sesuai dengan harapan. 

Dalam kesempatan ini Rektor menyampaikan sekilas tentang Universitas Udayana yang bulan September ini genap berusia 61 tahun, berikut disampaikan informasi fakultas, program studi, student body, akreditasi serta sarana prasarana penunjang. Saat ini hampir 95 persen program studi di Unud sudah terakreditasi Unggul, A dan Baik Sekali; sementara untuk akreditasi perguruan tinggi sudah Unggul dan saat ini bersiap ke PTNBH. Untuk program studi sekitar 28 persen Prodi ada di Fakultas Kedokteran dan pihaknya bersyukur mampu memberikan capaian yang luar biasa terkait akreditasi. 

Pihaknya juga memberikan kesempatan bagi Fakultas Kedokteran untuk mengembangkan diri baik melalui membuka Prodi baru maupun meningkatkan jenjang dari SP1 ke SP2. Adapun tantangannya adalah penyediaan SDM dan sarana prasarana yang akan dikawal. Kemudian terkait akreditasi bagi Prodi yang masih B harus ditargetkan meraih Unggul dan tahap berikutnya mengembangkan diri ke akreditasi internasional.

Sementara asesor yang diwakili Prof. Budi Mulyono menyampaikan seperti diketahui LAM-PTKes ini dalam upaya peningkatan pendidikan supaya bisa sejajar dengan yang ada di skala nasional dengan perguruan-perguruan tinggi lainnya. Kita juga harus optimis Prodi spesialis di Indonesia ini akan membawa layanan kesehatan yang sejajar dengan internasional. Harapannya dengan adanya peningkatan kualitas pendidikan profesi di kedokteran ini akan membawa kita unggul dan diterima di tingkat internasional.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5966-Program-Studi-Patologi-Klinik-Fakultas-Kedokteran-Universitas-Udayana-Dikunjungi-Asesor-LAM-PTKes-.html