Arus Mudik ke Jawa Via Gilimanuk Mulai Meningkat

  08 Juni 2018 PERISTIWA Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Hari Raya Idul Fitri 1430 H tinggal beberapa hari lagi, namun arus mudik menuju Jawa melalui penyeberangan Selat Bali mulai mengalami peningkatan, Jumat (8/6).
 
 
Pantauan di Pelabuhan Gilimanuk, arus pemudik yang menuju ke Jawa semakin ramai. Selain pemudik bermotor, pemudik bermobil juga tampak ramai. 
 
Demikian halnya dengan kendaraan bus-bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan travel juga banyak yang menyebrang. Termasuk truk-truk yang kembali setelah mengirim barang. 
 
 
Ramainya pemudik itu menimbulkan antrean di depan loket tiket. Untuk sepeda motor yang dilayani tiga loket tiket antreannya tidak terlalu panjang. Sementara untuk mobil, yang juga dilayani empat loket tiket antrean terlihat sampai di terminal manuver. 
 
 
Antrean kendaraan itu terjadi mulai sekitar pukul 14.00 wita karena jumlah yang datang terus bertambah. Semakin sore, antrean kendaraan kian bertambah panjang, lantaran kedatangan kendaraan secara bersamaan.
 
Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry, Pelabuhan Gilimanuk, Heru Wahyono memgatakan memang ada peningkatan pemudik yang menyeberang ke Jawa terutama pemudik bermobil. 
 
 
 
Dari data penyeberangan kata Heru untuk penumpang biasa hari yang sama dengan tahun lalu menurun 10 persen. Sepeda motor juga menurun 25 persen. Hanya mobil yang naik sekitar 14 persen.
 
Meski terjadi peningkatan, namun dengam 32 kapal yang dioperasikan penyeberangan masih lancar. Kendaraan yang masuk pelabuhan sudah bisa langsung menuju kapal. Sehingga tidak terjadi penumpukan kendaaan di parkir pelabuhan.(BB)