Arah Kade! Pengerjaan Balai Molor, Wantilan Pura Puseh Yehembang Kangin Terancam Hanyut  

  16 Februari 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket Poto, wantilan Pura Puseh Yehembang Kangin

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Balliberkarya.com – Jembrana. Sudah lewat 1 tahun perencanaan senderan Pura Puseh Desa Adat Yehembang Kangin yang tergerus banjir bandang pada tanggal 12 Desember 2020 belum terealisasi, pada hal perencanaan dari Balai Wilayah Sungai Bali-Penida sudah selesai akan tetapi belum terlaksana.

Hal tersebut mengakibatkan ketakutan dari warga desa adat Yehembang Kangin dimana Bagunan wantilan yang berada dekat sungai tersebut, dasar pondasinya tergerus dan longsor sepanjang sekitar 15 meter, kondisi tersebut mengakibatkan bangunan wantilan terancam ambruk menuju Sungai Yehsumbul.

Saat dikonfirmasi awak media baliberkarya.com Perebekel Desa Yehembang Kangin I Gede Suardika mengatakan, pihaknya saat itu sudah mengajukan proposal ke Balai Wilayah Sungai Bali-Penida agar segera mendapat tindakan akan tetapi sampai saat ini belum terialisasi senderan tersebut.

“Kami sudah mengajukan peroposal, sampai saat ini sudah 1 tahun lewat, pada hal dari balai sudahada perencanaan akan tetapi sampai saat ini belum terlaksana. Kejadian ini bersamaan dengan banjir bandang di Desa Penyarian, dan ditambah lagi selama ini ada banjir besar terus bertambah kerusakannya,” terangnya. Rabu (16/2/2022).

Memang dulu pihak balai, lanjut Suardika, sudah melakukan sosialisasi ke desa akan tetapi sampai sekarang belum terlaksana. “Kami juga terus didesak oleh warga, mereka takutkan kalau ada banjir lagi yang lebih besar bangunan wantilan tersebut akan ambruk ke sungai,” ujarnya.

Dirinya berharap agar perencanaan dari pihak balai semoga segera terealisasi, sehingga menghapus ketakutan dari warga desa. (BB)