Antisipasi Debu Sisa Pembongkaran Pasar Negara, Damkar Habiskan 101 Tanki Air

  07 September 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Bangunan Pasar Umum Negara sudah selesai dibongkar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Proses pembongkaran Pasar Umum Negara (PUN) Jembrana telah rampung pada Rabu, 6 September 2023. Bangunan pasar yang berdiri sekira tahun 1955 tersebut kini sudah rata dengan tanah hanya mesisakan puing-puing sisa bangunan yang masih dikerjakan oleh petugas untuk dibersihakan

Akibat pembongkaran tersebut, debu sisa bangunan menjadi kendala bagi pengguna jalan dan warga sekitar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemadam Kebakaran Pemkab Jembrana mengerahkan beberapa mobil tangka untuk menyemprot sisa bangunan maupun saat merobohkan bangunan supaya debu tidak berterbangan.

Selain itu, Polres Jembrana juga menggelar kegiatan bagi-bagi masker gratis. Pembagian masker menyasar pedagang, pejalan kaki, warga sekitar maupun pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut agar tidak terkena debu sisa bongkaran bangunan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jembrana, I Made Leo Agus Jaya mengatakan, pihaknya menyiagakan mobil tangki untuk menyiram sisa bangunan di Pasar Umum Negara dimulai pada Rabu, 23 Agustus 2023. "Dari bulan Agustus 2023 sampai hari ini, pemakaian tanki air sebanyak 101 tangki," ungkapnya. Kamis (7/9/2023).

Disinggung terkait batas lama penyemprotan dilakukan, Leo mengungkapkan, pihaknya masih tetap standby. "Belum ada instruksi, kemungkinan berlanjut sampai saat pembersihan puing, karena ini musim kemarau jadinya debu sisa pembongkaran masih berterbangan, hal tersebut sangat menggangu pengendara jalan raya dan warga disekitar," ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, pembongkaran bangunan PUN tentu berdampak kepada masyarakat sekitar maupun pengguna jalan.

"Karena dari kegiatan itu ada dampak lingkungan yang muncul seperti debu. Ini memang sangat berbahaya bagi pernapasan, untuk itu kami dari kemarin sudah membagikan masker kepada pengguna jalan maupun warga sekitar lokasi," terangnya. (BB)