Apresiasi Integrasi Program PAUD dan Posyandu

ACN 28 Negara Kunjungi Posyandu dan PAUD Dangri Kelod

  06 Agustus 2019 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Keberhasilan Pemkot Denpasar melalui Tim Penggerak PKK  mengintegrasikan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Posyandu, di Desa Dangin Puri Kelod, Kecamatan Dentim menarik berbagai kalangan.  
 
 
Salah satunya adalah Delegasi Asian Congress of Nutrition (ACN), yang berkunjung pada Senin (5/8). ACN dari 28 Negara di Asia dan Fasifik ini mengunjungi Posyandu Mandala Sari dan Paud Mandala Kumara Desa Dangin Puri Kelod. 
 
Kehadiran delegasi ini disambut Bunda PAUD Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra bersama Ketua WHDI Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara dan Ketua Dharma Wanita Kota Denpasar  Ny. Kerti Rai Iswara. Dalam acara ini juga di hadiri Wakil Ketua IV PKK Provinsi Bali Ny. Sri Satria Narada.
 
Peserta  Asian Congress of Nutrition (ACN) yang diselenggarakan  Federation of Asian Nutrition Societies (FANS) di bawah naungan Badan Internasional Union of Nutritional Sciences (IUNS) juga ingin melihat langsung atas Juara terbaik tingkat Nasional pelaksanaan Amir (ayo minum air) yang diraih sekaligus berhasilan mengelola daun kelor menjadi olahan makanan yang bergizi bagi kesehatan.
 
 
Dalam kesempatan itu Ny. Selly mengatakan Posyandu Mandala Sari dan Paud Mandala Kumara adalah salah satu posyandu dan paud terbaik di Kota Denpasar yang beberapa lalu mendapatkan predikat  nasional. Hal ini menjadi tolak ukur pelaksanaan posyandu dan paud di Kota Denpasar.  
 
Tidak hanya di Mandala Sari Paud berbasis banjar juga menjadi ciri khas Paud di Kota Denpasar yang terintegrasi dengan pelaksanaan Posyandu yang juga dilaksanakan di banjar-banjar di Kota Denpasar. Dengan kunjungan peserta ACN pihaknya berharap berbagai inovasi di  Posyandu Mandala Sari dan Paud Mandala Kumara bisa diperkenalkan di negara lain. 
 
 
Salah satu Peserta ACN sekaligus Ahli Gizi Singapura Zinnia mengaku dalam kunjungan ini ia mengetahui bahwa buah lokal di Indonesia sangat banyak manfaat dan kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Tidak hanya itu ia juga kagum bahwa Posyandu dan Paud pogramnya bisa teritegrasi. ‘’Hal ini sangat bagus bisa untuk mengetahui berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan maupun yang sudah dilaksanakan dengan bersama-sama,’’ ujarnya.
 
 
Sementara Kepala TK Mandala Kumara Ni Made Sulatri mengku Posyandu Mandala Sari dan Paud Mandala Kumara memperkenalkan pogram inovasi mengelola daun kelor menjadi berbagai makanan yang menarik untuk di suguhkan untuk anak-anak seperti puding, nugget, sup dan lain sebagainya. Selain menarik, kandungan daun kelor juga sangat bagus untuk kesehatan khususnya anak-anak. 
 
Bahkan kandungan daun kelor dapat mengatasi masalah stunting. Tidak hanya itu dalam kegiatan ini pihaknya juga menampilkan pogram terintegrasi antara pelayanan di posyandu , BKB, Paud dan lansia. ‘’Jadi semua terintegrasi dan ingin di lihat dan ingin dikemas kegiatannya sehingga bisa berjalan bersinergi bersama sama satu atap dengan tujuan yang sama,” ungkapnya. (BB)