Kabel Putus di Batang Pohon Taman Pencangakan Dikeluhkan Warga

  02 Agustus 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Salah satu kabel nempel di batang pohon yang ada di Taman Pecangakan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Keberadaan kabel yang putus dengan kondisi mengelupas di ujung kabel sehingga kelihatan besinya, di beberapa pohon di Taman Pecangakan Pemkab Jembrana yang berada tepatnya di timur Pos Polisi Sudirman Dewata di keluhkan warga.

Pasalnya, kabel yang berada di beberapa pohon ditakutkan masih aktif atau masih dialiri setrum listrik, hal tersebut ditakutkan warga yang berkunjung ke taman tersebut. Diketahui kabel yang terputus di beberapa pangkal pohon tersebut bekas kabel lampu yang di pasang pada tahun 2018.

Saat dikonfrmasi awak media, warga yang sedang mengajak anaknya jalan-jalan di sekitaran Taman Pecangakan yang bernama Widya 34 tahun asal Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana mengatakan, dirinya merasa takut dengan keberadaan kabel yang sudah terpotong di beberapa batang pohon.

“Saya takut kesetrum mas, dengan adanya kabel di beberapa pohon, apalagi ujung kabelnya beberapa sudah kelihatan besinya dan ada juga beberapa masih terbungkus dengan isolasi. Apa kabel ini masing dialiri setrum,” tanyanya. Minggu (1/8/2022)

Widya juga mengaku takut lantaran saat jalan-jalan ke taman selalu bersama anaknya yang masih berumur 3 tahun. “Saya takutnya anak sedang lari-lari menangkap kabel tersebut dan kesetrum, beruntung setiap kesini selalu saya awasi sehingga tidak sampai mengambil kabel tersebutm,” ujarnya.

Sementara Kabag Umum Kabupaten Jembrana Indah Mustika saat dikonfirmasi awak media di kantornya mengatakan, kabel-kabel tersebut dipasang sejak tahun 2018, itu sebelumnya merupakan kabel lampu beberapa ada yang masih dialiri listrik. “Kabel itu merupakan kabel lampu di pohon, sekitar tahun 2018 dinas perhubungan yang memasang lampu tersebut untuk menerangi taman,” jelasnya. Senin (2/8/2022).

Menurutnya, beberapa kabel masih ada yang dialiri listrik dan ada yang sudah diputus. “Kabel yang dialiri listrik kabel yang masih ada lampunya, sedangkan kabel yang tidak dialiri listrik, kabel yang sudah dipotong tapi masih berada disana. Sataf kami sudah mulai mengecek keberadaan kabel tersebut ke lokasi dan sudah dalam pendataan,” katanya.

Jika memang, imbuh Indah, kabel tersebut tidak pakai jalurnya akan dibongkar. Keberadaan kabel yang sudah diputus tersebut memang ada jalurnya, kalau sudah diputus jalur aliran listriknya sudah diputus, “Memang selama ini belum adanya korban tersengat listrik di taman, akan tetapi sebelum ada kejadian kita sudah mengecek kelokasi, untuk kabel tidak terpakai nanti akan dibongkar,” pungkasnya. (BB)