Mantap! Lounching JKJ Plus, Bamsoet, Warga Jembrana Wajib Dapat Layanan Kesehatan 

Ket poto : Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang akrab di panggil Bamsoet didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba serta wakilnya I Gede Ngurah Patriana Krisna

Baliberkarya.com Jembrana - Bertepatan dengan kunjungan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang akrab di panggil Bamsoet, Pemkab Jembrana melounching program JKJ Plus (Jembrana Kembali Jaya Plus) bertempat di Areal Parkir Kebun Raya Jagatnatha Jembrana, Minggu (16/05).

Didampingi oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba serta wakilnya I Gede Ngurah Patriana Krisna, Bamsoet Bamsoet menggunting pita tanda dilincurkannya program unggulan Pemkab Jembrana tersebut

Dalam hal tersebut Bupati Tamba menjelaskan, program JKJ Plus  program di bidang kesehatan dengan tujuan  mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sementara nilai  plusnya berupa layanan home care, emergency medical service dan aplikasi med care utk konsultasi kesehatan online.

"Jadi ini tujuannya semata mata mendekatkan pelayananan. Pemerintah daerah akan menempatkan dokter- dokter di desa2 yg selama ini jauh dari pelayanan kesehatan.  Secara rutin mereka juga  ditugasi melayani kesehatan orang-orang suci seperti Sulinggih, Kyai Haji/ tokoh umat muslim, Pendeta dan Biksu di kediaman masing-masing," papar Tamba.

Ditambahkan Bupati Tamba, Pendekatan pelayanan kesehatan juga akan didukung oleh aplikasi mobile (Med Care) berupa konsultasi dengan tenaga medis. Tujuannya untuk memudahkan ibu hamil atau yg sedang mengalami gejala gangguan kesehatan.

Secara teknis, program JKJ Plus ini dijelaskan Kadis Kesehatan Jembrana Dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata didukung oleh tim  dari puskesmas dengan  10 mobil  dan 1 mobil  swab RSU Negara. Masing masing tim  kata Parwata juga lengkap dengan  petugasnya. Terdiri atas dokter,paramedis,analis,ahli gizi dan nakes lainnya.

"Ini sesuai dengan visi bupati dan wakil bupati ,dalam 100 hari kepemimpinannya mewujudkan program prioritas dibidang kesehatan. Melalui penerapan  visi pada  poin Jana Kerti , mendekatkan pelayananan, khususnya bagi masyarakat yang belum mandiri untk memperoleh layanan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Nantinya secara rutin mereka dikunjungi," papar Parwata.

Selanjutnya, sambung Parwata, tim dari masing masing Puskesmas itu tiap bulannya akan dimonitoring melalui  pelaporan kegiatan. Demikian pula apa permasalahan dan bagaimana upaya agar secepatnya dicarikan solusi untuk penyempurnaan program ini.

Dengan dilaunchingnya JKJ Plus, Ketua MPR Ri Bambang Soesatyo ( Bamsoet ) memberikan apresiasinya kepada Pemkab Jembrana. Menurutnya sudah kewajiban pemerintah memberikan pelayanan baik khususnya disektor kesehatan kepada masyarakat.

"Selamat atas diluncurkannya program ini. Semoga bermanfaat dan memudahkan warga Jembrana dalam mengakses pelayanan kesehatan," kata Bamsoet. Kepada Bupati Jembrana, Bamsoet juga titip pesan untuk fokus soal penanganan covid-19. 

Dengan realisasi vaksinasi yang sudah mencapai 2 juta, Ia optimis persebaran virus bisa ditekan. "Realisasi vaksinasi Bali cukup tinggi demikian juga di Jembrana. Saya optimis ditambah penerapan prokes secara disiplin, pertengahan tahun Bali sudah siap kembali menerima wisatawan. Baik itu domestik maupun internasional. (BB)


TAGS :

Komentar