Dua Hari Terombang-ambing di Laut Lombok, Pemancing Gurita Ditemukan Kru KM Mitra Perdana

  01 Februari 2020 PERISTIWA Badung

Humas SAR Denpasar for Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Operasi SAR pencarian seorang nelayan yang hilang di Perairan Nusa Dua untuk mencari gurita telah memasuki hari ke 3, Sabtu (1/2/2020). Sejak pagi tim SAR gabungan telah melakukan pencarian di perairan dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat). Selain itu, 3 personil yang merupakan SRU darat memantau di Pantai Tanjung Benoa, Mertasari dan Serangan.
 
 
Pada pukul 11.00 Wita diperoleh kabar bahwa ada yang menemukan nalayan tersebut. "Kita terima informasi bahwa ada penemuan, namun saat itu Informasinya masih simpang siur," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Gede Darmada, S.E., M.AP, Sabtu (01/01/20). 
 
Usai mendapatkan informasi, personil dari Pos SAR Jembrana segera melakukan koordinasi dengan STC Gilimanuk dan Ketapang untuk memastikannya.
 
Dari hasil koordinasi diperoleh keterangan bahwa korban dibawa oleh KM Mitra Perdana. Agen kapal menyebutkan kapal berangkat dari Pelabuhan Tanjung Wangi sejak hari Senin (27/1/2020). "Koordinasi kami sempat terkendala karena agen kapal sulit menghubungi KM Mitra Perdana, baru pada pukul 12.30 Wita didapatkan kepastian jika nelayan yang diselamatkan oleh KM Mitra Perdana merupakan nelayan atas nama Muhdar," jelas Darmada. 
 
 
 
Muhdar ditemukan di posisi 9° 9'6.51"S-116° 1'39.75"E pada hari Jumat (31/1/2020) pukul 17.50 Wita tepatnya di perairan Laut Lombok. Selanjutnya ia dipindahkan ke kapal kolekting yang akan menuju ke Banyuwangi. Sementara itu KM Mitra Perdana melanjutkan pelayaran.
 
Diberitakan sebelumnya, seorang nelayan asal Desa Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung belum kembali dari melaut. Muhdar (55) pergi memancing gurita pada hari Rabu (29 Januari 2020) pagi sekitar pukul  08.00 Wita. Ia menggunakan sampan dengan dua katir. Beruntung akhirnya ia berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.(BB).