Dikenal Pandai Menyelam, Nengah Sukarsa 'Hilang Terjatuh' di Danau Batur

  20 Agustus 2019 PERISTIWA Bangli

BPBD Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Seorang petani ikan di Danau Batur bernama I Nengah Sukarsa (37) tenggelam di danau tepatnya di Dusun Buahan, Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Selasa (20/8/2019). Korban diketahui jatuh ke danau karena hanya sampannya saja dilihat tanpa tuan. Kejadian tersebut membuat petani ikan di sekitar danau menjadi panik seraya meminta bantuan ke masyarakat di daratan.
 
 
Berdasarkan keterangan warga sekitar, Nengah Sukarsa memang merupakan petani ikan di Danau Batur yang biasa memasang jaring ikan di pinggiran Danau Batur. Aktivitas ini rutin dilakukan setiap pagi hari dari pukul 05.00 wita-07.00 wita, dengan menggunakan sampan tradisional.
 
“Saat kejadian di pagi hari, korban seperti biasa memasang jaring bersama petani lainnya termasuk bersama orang tua korban bernama I Nengah Parta dengan memasang jaring secara terpencar,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Bangli, I Wayan Karmawan,S.Pd,M.Si, Selasa (20/8/2019).
 
 
Namun, sekitar pukul 07.00 wita petani yang ikut memasang jaring dikejutkan dengan tangisan orang tua korban, setelah ditanya dijelaskan kalau korban jatuh ke danau karena hanya sampannya saja dilihat tanpa tuan. Serentak petani lainnya ikut panik seraya meminta bantuan ke masyarakat di daratan.
 
“Sejatinya korban sangat pandai menyelam hanya saja saat kejadian korban memakai sepatu boat yang diperkirakan menyulitkan korban dalam berenang,” jelas Wayan Karmawan sesuai keterangan warga sekitar.
 
 
Pukul 10.00 wita oleh Kepala Desa Buahan baru dilaporkan ke BPBD untuk meminta bantuan agar didatangkan Basarnas Denpasar.
 
 
Sambil menunggu Tim datang, warga secara bergotong royong bersama PolAirud Polres Bangli berusaha mencari korban dengan menyusuri pinggiran danau tempat korban terakhir memasang jaring.
 
Sampai berita ini diterbitkan proses pencarian masih dilakukan dengan harapan semoga korban dapat terselamatkan. (BB)