Cegah Penyakit Berbahaya, Orang Dewasa dan Lansia Ternyata 'Perlu Vaksinasi'

ilustrasi nett
Baliberkarya.com-Denpasar. Selama ini vaksinasi lebih dikenal ditujukan kepada balita ataupun anak-anak. Padahal sebenarnya, vaksinasi untuk orang dewasa dan lanjut usia juga sangat penting dan diperlukan untuk mencegah penyakit kronik seperti diabetes, jantung, asma, penyakit paru, dan penyakit berbahaya lainnya.
 
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Dr. Ketut Suarjaya, MPPM menyatakan bahwa penyakit infeksi tidak hanya terjadi pada anak juga bisa terjadi pada dewasa sehingga imunisasi dan vaksinasi itu merupakan salah satu cara yang efektif untuk bisa memberikan kekebalan kepada individu terhadap suatu penyakit infeksi.
 
"Imunisasi atau vaksinasi merupakan salah satu bentuk pencegahan penyakit yang efektif serta mudah untuk menghindari penyakit. Dengan imunisasi maka seseorang akan memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu. Kenapa baru sekarang, karena selama ini pemerintah subsidi vaksin itu masih terbatas pada anak dan balita," kata Suarjaya disela kegiatan Training Vaksinologi bagi Tenaga Kesehatan khususnya Dokter Penyakit Dalam di wilayah Bali di Sanur, Sabtu 20 April 2019.
 
 
Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI atau Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Bali, Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-A1 menjelaskan jika vaksinasi pada orang dewasa sangat penting sehingga pihaknya sudah mempunyai rekomendasi untuk vaksinasi dewasa. Apalagi ia melihat ternyata vaksinasi bagi influenza itu merupakan satu hal yang sangat penting untuk usia dewasa mulai dari usia diatas 18 tahun.
 
 
"Untuk kasus influenza itu diberikan setiap tahun sekali mengingat bahwa penyakit influenza itu berbeda dengan asma. Imunisasi untuk orang dewasa juga tidak kalah pentingnya. Imunisasi juga sebaiknya diberikan untuk orang-orang yang telah memasuki usia lanjut sesuai dengan rekomendasi WHO dan Satgas Imunisasi PBPAPDI," jelas Dr. dr. Iris Rengganis.
 
Sementara, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Bali dr, I Gusti Putu Suka Aryana SpPD, K-Ger menambahkan usia lanjut diatas 60 tahun itu beresiko menderita komplikasi akibat influenza yang bisa menyebabkan kematian kalau tidak diperhatikan dengan baik. Dan strategi yang paling efektif untuk mengurangi efek influenza adalah vaksinasi tahunan pada orang dewasa maupun lansia.
 
 
"Jadwal imunisasi dewasa dan usia lanjut ini amat sangat penting karena merupakan satu hal yang memang kita anjurkan diusia lanjut dimana merupakan populasi yang rentan menderita komplikasi akibat influenza baik di rawat inap dan dapat menyebabkan kematian," tegasnya.
 
 
Tak hanya itu, beberapa hal penting mengapa dewasa mulai usia 18 tahun keatas hingga lansia perlu diberikan imunisasi karena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi saat ini belum musnah di dunia. Sementara vaksin jika diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif untuk penyakit tertentu sehingga aman dan efektif untuk mencegah penyakit agar orang dewasa maupun lansia tetap sehat.
 
"Vaksinasi untuk orang dewasa dan lansia terdapat dibeberapa rumah sakit seperti RS Sanglah. ‎Tapi di klinik vaksinasi untuk dewasa‎ dan lansia belum ada. Setiap rumah sakit pasti menyediakan, cuman biaya tidak ditanggung pemerintah dan tidak ditanggung BPJS‎," pungkasnya.(BB).

TAGS :

Komentar