16 Tahanan Nyoblos di Rutan Polda Bali

Mantan Ketua Kadin Bali Alit 'Ketek' Tak Mencoblos, Ini Alasannya

  17 April 2019 POLITIK Denpasar

Baliberkarya/dok

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Hari ini masyarakat seluruh Indonesia menggunakan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin lima tahun kedepan.Dari seluruh tahanan yang berjumlah 55 orang di Rutan Mapolda Bali, hanya 16 orang yang bisa mencoblos, sedangkan lainnya tidak memenuhi syarat lantaran tidak memiliki surat model A5 (Surat Keterangan Pindah Memilih). 
 
 
Dari 16 tahanan yang terdaftar dalam DPT, terdapat nama I Ketut Sudikerta yang merupakan Mantan Wakil Gubernur Bali Periode 2013-2018 yang tersangkut kasus kasus penipuan dan penggelapan tanah Rp 149 miliar. Sementara mantan Ketua Kadin Bali Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra alias Alit Ketek yang terseret kasus pelebaran Pelabuhan Benoa, tak bisa mencoblos.
 
"Mantan ketua Kadin Bali Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra tidak dapat melakukan pencoblosan karena tidak membawa surat model A5," ucap Ketua KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara, Anak Agung Gede Kerta Negara, Rabu (17/4).
 
 
Pihaknya mengatakan, hanya menjalankan aturan yang ada. Dimana yang bisa memilih adalah para tahanan yang membawa surat model A5, meskipun sudah mempunyai surat C.6 dan e-KTP. 
 
 
“Kami sosialisasikan dulu. Untuk pencoblosan dimulai pukul 12.00 Wita,” ucapnya.
 
 
Anak Agung Gede Kerta Negara menegaskan bahwa ketentuan dalam Peraturan KPU membolehkan pemilih pindah memilih karena keadaan tertentu. Beberapa keadaan tersebut di antaranya karena tugas kerja atau belajar, rawat inap di rumah sakit, menjadi tahanan dan keadaan lain yakni karena pindah domisili atau tertimpa bencana alam.
  
Mendengar penjelasan Ketua KPPS, seluruh penghuni Rutan Mapolda Bali bisa menerima dan tidak mempermasalahkan hal tersebut. Selanjutnya 16 orang yang sudah terdaftar dalam DPT termasuk mantan Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta melaksanakan pencoblosan di bilik suara yang disiapkan oleh petugas KPPS.(BB)