Lima Pohon Tumbang Disertai Longsor, Jalan Raya Takmung Sempat Terputus

  08 November 2018 PERISTIWA Klungkung

Ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Meski telah bergerak sejak Rabu (7/11/2018) pukul 18.45 wita, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Klungkung baru bisa membersihkan lima pohon dengan tinggi 15 meter pada Kamis (8/11/2018) pukul 13.00 wita. Penanggulangan longsor yang memakan waktu cukup lama ini diakibatkan besarnya volume longsoran yang menutupi Jalan Raya Takmung, Tukad Bubuh, Banjar Uma Salakan, Desa Takmung, Banjarangkan.

BACA JUGA : Dianggarkan Rp 2,6 miliar, Jalan Pasih Uug Masih Hancur

Kepala Pelaksana BPBD Klungkung Putu Widiada mengungkapkan, Longsor di Uma Salakan ini dilaporkan pukul 18.45 wita. Petugas pun dikerahkan saat itu juga untuk membuka jalan yang tertutup material longsor hingga seluruh badan jalan. Petugas pun harus mengangkut longsoran di bawah hujan deras. Selama pengerjaan, arus kendaraan terputus sehingga harus memutar melalui By Pass Ida Bagus Mantra untuk menuju ke Kota Klungkung.



Setelah akses jalan terbuka setengahnya, petugas pun memutuskan untuk menghentikan pengerjaan pada pukul 22.00 mengingat seluruh petugas sudah kehabisan tenaga. Selanjutnya pada Kamis (8/11/2018) pukul 07.30 petugas kembali diturunkan dengan dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. “Dipimpin Bupati Suwirta, kita melakukan pembersihan kembali dengan bantuan alat berat dari Dinas PU dan tambahan personel dari Kodim 1610 Klungkung serta petugas Pemadam Kebakaran,”jelasnya.



Dengan dibantu alat berat dan tambahan personel akhirnya pada pukul 13.00 wita petugas dapat memulihkan kondisi lalulintas Jalan Raya Takmung. Jalan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan buka tutup kini sudah bisa lancar dilewati. Salah satu warga yang menjadi saksi mata di lokasi kejadian saat longsor, I Putu Kejot mengatakan, longsor terjadi pukul 18.30 saat hujan deras mengguyur. Ia saat itu sedang melintas dari Kota Klungkung menuju Banjarangkan.

BACA JUGA : BPJS Kesehatan Merugi 'Banyak Hutang', Rai Wirajaya Sebut Ulah 'Oknum Pelayan BPJS Nakal'

Untung saja, pohon tumbang yang disertai longsor ini terjadi sebelum ia memasuki lokasi longsor. “Tepat di depan saya, pohon itu tumbang disertai tanah longsor. Untung saja belum ada kendaraan yang melewati lokasi tersebut,” jelasnya ditemui di lokasi kejadian. Pada bencana longsor ini tidak ditemukan korban jiwa mau pun luka-luka. (BB)