'Digandeng Tamba', Datang ke Bumi Makepung Padma Bawa Beasiswa

  13 Oktober 2018 POLITIK Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Balibetkarya.com-Jembrana. Untuk pertama kalinya selama menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrat dapil Bali Putu Supadma Rudana berkunjung ke Bumi Makepung, Jembrana.
 
 
PAW mantan anggota DPR RI Putu Sudiartana asal Ubud, Gianyar ini berkunjung ke Jembrana dari Sabtu (13/10) pagi hingga sore dan digandeng Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali dari Partai Demokrat asal Banjar Peh, Desa Kaliakah, Negara I Nengah Tamba. Kedatangan dua pentolan partai Demokrat Bali ini untuk menghadiri serangkaian kegiatan di sejumlah tempat di Jembrana.
 
Menariknya, Putu Padma demikian panggilan akrabnya datang ke Jembrana membawa oleh-oleh berupa program beasiswa kepada pelajar SD, SMP, SMA/SMK serta untuk mahasiswa di Bali termasuk di Jembrana. 
 
 
"Program beasiswa dari kami berbeda dengan beasiswa yang diberikan pemerintah. Beasiswa kami bisa dicairkan langsung," terangnya ditemui saat menghadiri acara petik laut di Banjar Tengah, Desa Air Kuning, Jembrana, Sabtu (13/10/2018).
 
Anggota komisi X DPR-RI ini menargetkan 20 ribu beasiswa untuk SD, SMP, SMA/SMK dan mahasiswa se-Bali selama setahun. Dari target tersebut, Padma menyiapkan 30 persen untuk masyarakat Jembrana.
 
Program beasiswa yang ditawarkannya diprioritaskan kepada warga kurang mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan dari desa atau kelurahan dan atau dari pihak sekolah. Sementara untuk mahasiswa ada syarat khusus yakni nilai IPK minimal 3,0.
 
"Nanti ada formulir beasiswa yang kita bagikan dan formulir itu wajib diisi dan diserahkan kepada tim yang menangani, jika sudah memenuhi ketentuan langsung kami cairkan tiap bulannya," ujarnya.
 
Ket foto : Putu Supadma Rudana, politisi partai Demokrat Bali
 
Khusus untuk masyarakat Jembrana, formulir beasiswa tersebut bisa didapatkan dan disetor kembali di salah seorang staf I Nengah Tamba yang tinggal di Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara. 
 
"Tapi biasanya, formulir yang kita bagikan, tidak seluruhnya dikembalikan. Ini yang kita sayangkan. Padahal program beasiswa ini sangat membantu buat masyarakat kurang mampu dalam menempuh pendidkkan," tuturnya.
 
 
Sebelumnya, dalam acara petik laut yang dihadiri oleh ratusan warga Air Kuning, Jembrana tersebut diisi dengan deklarasi dukungan dari warga kepada I Nengah Tamba sebagai calon anggota DPRD Provinsi Bali dari Partai Demokrat nomor urut 1 dan kepada Putu Supadma Rudana sebagai calon anggota DPR-RI dari Partai Demokrat dapil Bali nomor urut 1, di Pemilu Legislatif 2019 mendatang.
 
 
Sementara itu I Nengah Tamba mengatakan, dirinya mengajak Putu Padma 'tandem' dan bersinergi untuk memuluskan mewujudkan jalan tol dari Denpasar menuju Jembrana.
 
Mengingat menurut Tamba, pembangunan jalan tol dari Denpasar hingga Gilimanuk tersebut sangat penting diwujudkan untuk memajukan sektor pariwisata di Bumi Makepung Jembrana. Selama ini menurutnya pariwisata Jembrana kurang diminati karena jarak tempuh menuju Jembrana sangat jauh dan melelahkan.
 
"Jembrana punya banyak obyek wisata yang menjanjikan, punya kesenian Jegog dan punya tradisi Makepung. Ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Makanya Jembrana memerlukan jalan tol dan untuk mewujudkannya kami berdua akan memperjuangkannya," tegas Tamba.(BB)