23 Siswa SMA Berprestasi Asal Kaltim Ikuti Program SMN di Bali

berbagai sumber
Baliberkarya.com-Denpasar. Sebanyak 23 siswa dari berbagai SMA di Kalimantan Timur, Minggu 12 Juli berangkat tiba di Denpasar, Bali. 23 orang siswa SMA dimana 3 diantaranya siswa diffabel terpilih mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang berlangsung hingga tanggal 21 Agustus mendatang.
 
 
Siswa-siswa yang mengikuti program SMN ini merupakan siswa terpilih dari seleksi yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Propinsi Kaltim. Sejumlah pendidikan dan pelatihan serta pengenalan budaya nusantara akan diberikan kepada peserta SMN Propinsi Kaltim.
 
"Para peserta SMN Kaltim telah sampai di Bali pukul 14.00 Wita. Mereka disambut sejumlah pejabat Pemda Provinsi Bali. Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Peserta SMN akan mendapat pendidikan wawasan kebangsaan dan nusantara. Kami bekerjasama dengan Kodam setempat untuk memberikan materi tersebut," ujar Sri Mulyono, pendamping SMN yang berasal dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk. 
 
Sementara itu, Prihandayani dari PT Jasa Marga yang menjadi PIC untuk SMN Provinsi Kaltim menjelaskan, siswa-siswa SMN Propinsi Kaltim selama di Bali akan tinggal bersama orangtua asuh. 
 
 
"Mereka akan belajar dan mengenal budaya Bali serta tempat-tempat wisata di Bali," kata Prihandayani.
 
 
Tak lupa, Prihandayani juga menjelaskan tentang profile masing-masing peserta yang sebagian besar berasal dari keluarga yang tidak mampu, tapi punya prestasi yang menonjol di bidang akademik.
 
"Salah satu prasyarat utama adalah mereka wajib memiliki dan menunjukkan nilai rapor dan Kartu Indonesia Pintar (KIP)," jelasnya.
 
Prihandayani menambahkan, peserta SMN yang berasal dari Provinsi Bali akan tiba di Balikpapan Senin 13 Agustus 2018. "Mereka juga akan mengikuti program yang sama seperti SMN asal Kaltim dan tinggal bersama orangtua asuh selama berada di Balikpapan dan Samarinda," terangnya.
 
 
 
Seperti diketahui, program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) pertama kali diluncurkan tahun 2015. Program ini merupakan program tahunan Kementrian BUMN, sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian BUMN dalam rangka hadir untuk negeri (BHUN). 
 
Tahun 2018 ini, pelepasan program SMN secara simbolis dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta, Jumat 10 Agustus 2018. Pelepasan ini dihadiri seluruh direksi BUMN termasuk Dirut PT ADHI, Budi Harto.(BB).

TAGS :

Komentar