Wabup Hadiri Layanan Hari Kunjungan Istimewa di Lapas Kelas II B Bangli

  09 Oktober 2016 PERISTIWA Bangli

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Dalam rangka peringatan Hari Karya Darmadika, HUT Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Minggu (9/10/2016) digelar acara serentak seluruh Indonesia dan memecahkan Rekor MURI yang dibagi dalam dua kegiatan.  
 
 
Pertama,  Kunjungan Serentak dimasing masing lapas di seluruh Indonesia dan yang kedua adalah Pramuka Narapidana se-Indonesia. Acara yang dipusatkan di Lapas Kelas II B Kabupaten Bangli dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli Sang Nyoaman Sedana Arta,SE, Pasi Intel Kodim 1626 Bangli Kapten Inf. Made Yuda. Perwakilan Polres Bangli, Warga Binaan Lapas Kelas IIb Bangli dan kleluaega pengunjung.
 
 
Kepala Rutan Kelas II B di Kabupaten Bangli, Diding Alpian,AMDIP,S.Sos,MSi menyampaikan Hari ini adalah hari yang sangat istimewa dimana serangakian dengan peringatan Hari Karya Darmadika HUT Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan yang sekaligus pecahkannRekor MURI dengan dua kegiatan, yang pertama adalah kunjunga serentak di Rutan se-Indonesia dengan Tema “Sehari Bersam Mereka” kemudian kegiatan yang kedua adalah pada tanggal 12-14 Oktober dilaksanakan kegiatan Pramuka narapidana se-Indonesia. 
 
 
Lanjut dalam kegiatan ini dititik beratkan pada oftimalisasi pelayanan dimana playanan terhadap warga binaat dapat diklasifikasikan dalam tiga jenis yaitu Maksimum Sekurity, Midle Skurity dan Minimum Sekurity. Dan hari ini kita laksanakan pur minimum security dimana hal ini sanagan memungkinkan pelayanan kepada warga binaan untuk member keleluasaan bagi para keluarga pengunjung untuk dapat bertatap muka, bersentuhan fisik dan berpelukan secara langsung dengan keluargap dari warga binaan. 
 
 
Dimana pada hari hari biasa hal tersebut tidak bisa dilakukan karna berada dalam maksimum security hanya sebatas bertatap muka dan berbicara dibatasi dengan dinding atau jenela kaca tidak seperti hari ini. “Hal ini sangatlah luar biasa, karena secara explisit kerinduan para wargabinaan terhadap para keluarga selama berada di lembaga pemasyarakatan, selama sehari penuh ini dapat terobati dengan diselenggarakannya kegiatan kunjungan istimewa ini demikian esensinya” terang Kepala Rutan Diding Alpian. 
 
 
Ditambahkan lagi tidak berhenti disitu setelah hari ini kita juga lakukan berbagai kegiatan sperti jalan santai bersama keluarga, pelayanan kesehatan, donor darah yang bekerjasamadengan Askes, PMI. Acara jalan atau melali ke Penelokan Gunung Batur dan Penebaran Benih ikan di Danau Batur yang bekerjasama dengan Dinas P2 Bangli.
 
 
Sementara itu Apresiasi, rasa senang dan bahagia disampaikan oleh I Kadek Kartika Yasa asal Pecatu Kecamatan Kuta Badung, salah seorang warga binaan Rutan Kls II B di Kabupaten Bangli. 
 
 
“Dirinya sangat merterimakasih kepada Kementerian Hukum dan Ham yang telah memberi kesempatan bagi Warga binaan Rutan untuk dapat betatap muka secara langsung dan dalam suasana kekeluargaan yang tidak seperti hari hari biasanya kita disini para warga binaan harus mengikuti aturan tidak boleh bawa HP, kunjunganyapun dibatasi. Akan tetapi pada hari ini keta diberikan kebebasan yang positif ”terangnya. 
 
 
Harapan kedepan juga diadakan program serupa paling tidak sebulan sekali, dan di rutan Bangli ini dirinya mersa sangat nyaman karena pelayanan para petugas sangat memberi respon positif sehingga tidak sampai terjadi gesekan yang berati.
 
 
Dalam acara tersebut selain menyaksikan lewat tayangan media Zom Pidato Menteri Hukum dan Ham Ri juga diisi oleh perwakilan Kodim 1626 Bangli dengan Tema Revolusi Mental. (BB)