Luar Biasa! Orang ini Berhasil Terjun Dari Atas Pesawat Tanpa Parasut

istimewa

Baliberkarya.com - Internasional. Penerjun asal AS, Luke Aikins, menjadi orang pertama di dunia yang melompat dari ketinggian 25 ribu kaki atau 7.620 meter tanpa parasut.

Dalam aksi yang dilakukan Sabtu (30/7/2016) lalu, Aikins yang memiliki lebih dari 18.000 jam terjun meluncur dan jatuh persis di tengah jaring berukuran sekitar 30x 30 meter di Simi Valley, California Selatan.

Pada terjun bebas yang berlangsung selama dua menit dan disiarkan langsung stasiun televisi Fox itu, Aikins tercatat mencapai kecepatan 193 km/jam, demikian dilansir BBC.

Disambut sorak-sorai yang menggemuruh, penerjun berusia 42 tahun itu turun keluar dari jaring yang membentang, untuk memeluk istri dan anak lelakinya yang masih belia.

"Tak terbayangkan, sungguh luar biasa," ujar Aikins setelah melompat.

"Hal ini sungguh terjadi! Saya bahkan tidak bisa mendapatkan kata-kata untuk keluar dari mulut saya," katanya seraya mengaku bahwa dirinya sempat merasa gugup sebelum melakukan aksi ekstrem tersebut.

Aikins, yang merupakan konsultan urusan keselamatan dan pelatihan untuk Asosiasi Parasut AS, mengatakan bahwa gagasan penerjunan itu muncul dua tahun lalu dari seorang temannya.

Setidaknya satu percobaan yang dilakukan dengan boneka gagal. Bobot boneka merobek jaring.

Namun, setelah dua tahun perencanaan, percobaan, dan kegagalan, Aikins akhirnya melompat dari pesawat Cessna bersama tiga penerjun berparasut yang merekam penerjunan itu dan membawa perlengkapan yang dibutuhkan Aikins di awal penerjunan, seperti masker oksigen.

Aikins juga mengaku hampir terpaksa membatalkan terjun bebas itu karena diharuskan mengenakan parasut pengaman padahal hal itu akan membuat pendaratan jadi lebih berbahaya karena berat tambahan.

Namun, panitia kemudian mencabut ketentuan itu hanya beberapa menit sebelum jadwal penerjunan.

"Lompatan Aikins merupakan puncak dari karirnya selama 26 tahun, yang akan mencetak rekor pribadi dan dunia untuk penerjunan tertinggi tanpa parasut atau wingsuit," kata juru bicaranya, Justin Aclin.(BB/inilah)


TAGS :

Komentar