Hebat, Pesawat Bertenaga Surya Ini Berkeliling Dunia Sejak Tahun Lalu

  14 Juli 2016 EKONOMI International

thenational.ae

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. Pesawat bertenaga surya Solar Impulse 2 mendarat di Mesir, pada Rabu (13/7/2016), satu perhentian sebelum misi keliling dunia berakhir.

Solar Impulse 2 terbang di atas Piramida dan mendarat di bandara Kairo pada pukul 07.10 waktu setempat (atau 12.10 WIB) setelah terbang selama 48 jam 50 menit, seperti yang dikutip dari Reuters.

Penerbangan perdana dimulai dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Maret 2015 dan dijadwalkan akan berakhir di tempat yang sama.

Pesawat dengan kursi tunggal tersebut diterbangkan secara bergantian oleh pilot asal Swiss Andre Borschberg dan Bertrand Piccard dalam kampanye teknologi energi bersih.

Solar Impulse 2 terbang tanpa setetes bahan bakar fosil, empat mesinnya hanya diisi energi yang dikumpulkan lebih dari 17.000 sel matahari yang ada di sayap-sayapnya.

Kelebihan energi disimpan di baterai saat siang hari agar pesawat tetap dapat mengudara saat penerbangan jarak-jauh. Pesawat yang lebar sayapnya melebihi Boeing 747 dengan bobot seperti mobil keluarga ini tidak dirancang untuk menembus rekor kecepatan.

Solar Impulse 2 dapat terbang hingga 8.500 meter dengan jarak tempuh 55-100 kilometer per jam. Tim Solar Impulse kini sedang mempersiapkan pendaratan terakhir dari perjalanan mereka di Abu Dhabi.(BB/inilah).