Smartphone Bisa Membuat Anda Celaka. Ini Sebabnya!

  18 Juni 2016 PERISTIWA International

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. Para orang tua yang terobsesi dengan smartphone ternyata bisa membuat anak-anak mereka mengalami kecelakaan, demikian pernyataan Dr Rahul Chodarhi, seorang dokter anak di Inggris.
 
"Kecelakaan sering kali terjadi ketika seseorang tidak berkonsentrasi dan smartphone adalah salah satu penyebab terbesar seseorang kehilangan konsentrasi," kata Chodarhi, seperti dilansir BBC.
 
Ia menyampaikan pernyataan ini setelah satu kajian memperlihatkan hampir 25% orang tak bisa mencegah anak-anak mereka mengalami kecelakan karena 'terlalu sibuk dengan smartphone'.
 
Survei ini juga menunjukkan 15% remaja mengalami kecelakaan atau nyaris celaka, terutama di jalan, karena perhatiannya tertuju ke smartphone mereka.
 
"Kecelakaan bisa terjadi hanya dalam hitungan beberapa detik dan saya meminta orang tua dan juga remaja untuk mengubah tingkah laku mereka," kata Chodarhi.
 
Katrina Phillips, pegiat dari organisasi yang mengampanyekan keselamatan anak, mengatakan bahwa tak bisa dipungkiri smartphone sangat bermanfaat, mulai dari membantu belanja online hingga berkomunikasi dengan sanak saudara.
 
Namun, smartphone juga membuat orang kehilangan konsentrasi, yang membuka peluang terjadi kecelakaan.
 
"Kecelakaan serius bisa terjadi karena kita kadang-kadang terlalu asyik dan tak memperhatikan sekeliling," kata Phillips. (BB/inilah).