117 Mahasiswa Asing dari 18 Negara Ikuti Program 'On Asian Studies' di FIB Unud

  05 September 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Program BIPAS Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) selenggarakan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Program BIPAS Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) selenggarakan "Opening Ceremony and Orientation Day Bali International Program on Asian Studies (BIPAS) Autumn Semester 2023" bertempat di Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra FIB Unud Kampus Nias Denpasar, Selasa (5/9/2023).

Anak Agung Sagung Shanti Sari Dewi, SS.,M.Hum selaku Koordinator Program BIPAS dalam laporannya menyampaikan pada semester sebelumnya pelaksanaan program BIPAS berlangsung secara hybrid yaitu gabungan antara online dan offline, dan pada semester ini BIPAS tidak lagi diselenggarakan secara online, seluruh proses pembelajaran dilakukan secara offline di Kampus BIPAS Bukit Jimbaran dengan dukungan berbagai media online https://asiaexchange.org/

Jumlah mahasiswa BIPAS pada semester ini berjumlah 117 orang yang berasal dari 18 negara berbeda meliputi Austria, Bulgaria, Kanada, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Iran, Kosovo, Lithuania, Moroko, Belanda, Norwegia, Serbia, Slovakia, Turki, Ukraina, AS. 

Program BIPAS di semester ini menawarkan 14 mata kuliah pada berbagai bidang studi, dimana setiap mahasiswa dapat memilih tiga hingga tujuh mata kuliah. Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa BIPAS.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama & Informasi Prof. I Putu Gede Adiatmika menyampaikan atas nama Civitas Akademika Universitas Udayana, mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta mahasiswa BIPAS Autumn Semester 2023 di Kampus Universitas Udayana, yang merupakan Universitas tertua dan terbesar di Bali, dan juga termasuk dalam salah satu kampus ternama di kawasan Indonesia Timur. 

Mahasiswa BIPAS akan mengikuti kegiatan perkuliahan selama enam bulan dan mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengenal  Universitas Udayana dengan berbagai aktivitasnya sesuai kurikulum dan juga mengetahui tentang Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

Harapannya dengan berbagai kegiatan mahasiswa BIPAS di Universitas Udayana, baik praktek lapangan maupun workshop akan mendapatkan lebih banyak pengalaman selama di Bali. Selain itu Wakil Rektor juga memberikan beberapa pesan penting terkait apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan selama menjalani perkuliahan di Unud mengingat banyaknya area suci yang dimiliki Bali. 

Selama berada di Bali, mahasiswa akan menemukan banyak spot/area yang menarik untuk dijadikan foto untuk diupload di Instagram/sosial media lainnya, namun perlu diketahui juga beberapa tempat/spot/area yang terlarang ada di Bali. Jadi mohon cari tahu dulu mana yang bisa dijadikan background  foto dan mana yang tidak boleh. 

Tahun 2023 ini menandai kerjasama Universitas Udayana dengan Asia Exchange yang genap berusia 15 tahun, dan diharapkan kerjasama kedua belah pihak akan semakin lebih kuat di masa yang akan datang.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id & https://asiaexchange.org/