10 Startup Primakara Ikuti Business Matching, Tiga Masuk Program Hibah CPPBT 2022

  06 Juli 2022 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Calon pengusaha muda besutan Inkubator Bisnis (Inbis) STMIK Primakara berkumpul di Colony Creative Hub, Plaza Renon Denpasar, Rabu (6/7). Para startup muda ini mengikuti Business Matching, yang merupakan jembatan dalam mempertemukan antara pelaku startup dengan mitra yang nantinya diharapkan dapat berkolaborasi dan bersinergi.

Dengan upaya ini, diharapkan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan, kemudian dapat melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan dalam program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi
(CPPBT) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi (BRIN) Republik Indonesia.

Ketua STMIK Primakara, Made Artana menyampaikan, dari enam peta jalan ekonomi yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bali salah satunya adalah industri kreatif bisnis digital. "Business Matching merupakan ajang untuk menjembatani bertemu dengan rekan bisnis dan juga ajang pembelajaran," kata Made Artana yang juga founder STMIK Primakara dalam paparannya.

Adapun startup yang mengikuti Business Matching, Yakni:
1. Panak.id yang merupakan Startup Platform Digital berbentuk website dan mobile aplikasi dalam bidang peternakan yang menghubungkan antara peternak dengan pasar, modal dan pakar sehingga dapat menciptakan dampak social bagi peternak lokal dan juga masyarakat.
2. Alihgae yang merupakan Startup platform berbasis website aplikasi untuk menjembatani para stakeholders dan pelajar dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan harian.
3. Bisloka, platform berbasis website yang memudahkan dalam mencari tempat sewa/booking bus pariwisata untuk segala keperluan berpergian seperti perjalanan religi, kunjungan industri, rekreasi bersama orang-orang terdekat tentunya.
4. Ajarin Dong, platform yang mempertemukan siswa dan orangtua siswa dengan tutor/guru. Di mana pada platform tersebut menyediakan pembelajaran akademik dan non akademik.
5. Pick N Blast, platform yang membantu resseler untuk menemukan jutaan produk-produk dari supplier tangan pertama.
6. Jiwan merupakan aplikasi yang membantu digitalisasi manajemen penyelamatan korban kecelakaan lalu lintas.
7. Ifixpedia, sebuah bisnis startup  yang bergerak pada bidang jasa layanan yang akan berfokus pada penyelesaian masalah sulitnya mencari teknisi service.
8. Bali Region Arts, sebuah platform digital untuk membantu seniman pertunjukan agar bisa berkarya seutuhnya.
9. Sangkara, platform digital untuk membantu dan mengembangkan usaha bank sampah
10. Megibung merupakan Abon premium sebagai solusi praktis Generasi Milenial

Dari 10 startup ini tiga diantaranya yaitu Panak, Alihgae, dan Bisloka merupakan startup yang lolos dalam program hibah CPPBT tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi (BRIN) Republik Indonesia.(BB).