Suguhkan 33 Designer Dalam dan Luar Negeri, Bali International Fashion Week Hadir Majukan Industri Fashion Tanah Air

  11 Oktober 2022 HIBURAN Gianyar

Sejumlah Model yang akan hadir dalam ajang Bali International Fashion Week 2022.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Setelah melalui Audisi Model pada 25 September 2022 lalu di TS Suites Seminyak, Bali International Fashion Week (BIFW) 2022 siap digelar pada tanggal 13-15 Oktober 2022 di Museum Pasifika Nusa Dua yang berada di Kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Ketua Panitia BIFW 2022, Prawira Eka Putra mengatakan, Bali International Fashion Week 2022 adalah sebuah wadah bagi para pelaku usaha industri kreatif dan UMKM, bukan saja dari Bali dan Indonesia tetapi semua lapisan masyarakat seluruh dunia dapat ikut serta dalam kegiatan ini. 

“Kegiatan diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas hasil karyanya dengan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal masyarakat agar mampu bersaing dikancah Internasional,” harapnya dalam press conference tahap II  di UC Silver, Batubulan, Kabupaten Gianyar, Selasa (11/10). 

Menurut Prawira, acara yang diinisiasi oleh The Sukarno Center dan Senator DPD/MPR RI, I Gusti Ngurah Arya Wedakarna ini sebuah bentuk apresiasi serta dukungan terhadap para pelaku usaha UMKM yang telah berkontribusi dalam memajukan industri fashion di Tanah Air. Melalui acara ini diharapkan para pelaku UMKM dapat terus berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan hasil karyanya.

Ajang yang mengusung tema ‘Anjali Mahakarya Wastra Bali’ memiliki arti ‘Persembahan Pagelaran Terbaik Untuk Busana Khas Bali, Nusantara dan Internasional Dengan Modifikasi Mengikuti Perkembangan Zaman Dan Mederinisasi’ diharapkan mampu memberikan semangat kepada para pengrajin kain tradisional nusantara untuk terus berkarya serta menjaga eksistensi budaya nasional.

“Tentu hal ini merupakan sebuah langkah dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap warisan budaya nasional, serta menjadikan kain hasil kerajinan daerah sebagai ikon dalam estetika bangsa Indonesia,” terang Prawira didampingi Founder Yongki Model Management (YMM), Yongki Perdana. 

Lebih jauh Prawira menjelaskan, BIFW 2022 akan diikuti oleh para fashion desainer dalam dan luar negeri. Terdapat 33 Fashion Designer yang akan terlibat dan menampilkan maha karya terbaiknya dalam pagelaran Bali International Fashion Week 2022. 

“Kolaborasi yang apik antara pengrajin kain daerah dengan para desainer kelas dunia, diharapkan dapat meningkatkan nilai dari karya tersebut sehingga dapat lebih dikenal dan mampu bersaing di pasar global,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, General Manager The Nusa Dua, Gusti Ngurah Ardita menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pihak penyelenggara acara BIFW 2022, karena telah memilih Museum Pasifika Nusa Dua sebagai lokasi kegiatan BIFW 2022. 

Ardita berharap kegiatan ini tak hanya mengangkat industri fashion di Indonesia saja, namun juga sebagai wadah mempromosikan wisata di Bali khususnya lagi untuk memperkenalkan Museum Pasifika secara nasional dan internasional. 

“Kami sambut dengan gembira gelaran BIFW 2022 ini dan kami berharap acara ini dapat diselenggarakan secara berkesinambungan sekaligus menjadi pendorong geliat pariwisata, UMKM, dan industri fashion di Pulau Dewata,” ucapnya.

Tjokorda Gde Abinanda Sukawati mengungkapkan Bali International Fashion Week 2022 diharapkan mampu memberikan semangat kepada para pengrajin kain tradisional nusantara untuk terus berkarya serta menjaga eksistensi budaya nasional. "33 designer lokal dan Internasional akan mengikuti Bali Internasional Fashion Week 2022," sebut Tjokorda Gde Abinanda Sukawati yang biasa disapa Cok Abi. 

Sementara, Yongki Perdana selaku founder dari YMM Organizer mengatakan dengan kolaborasi yang apik antara pengrajin kain daerah dengan para desainer kelas dunia, diharapkan dapat meningkatkan nilai dari karya tersebut sehingga dapat lebih dikenal dan mampu bersaing di pasar global. 

Dalam kesempatan ini juga dihadiri Yogi Permada selaku Assistant Manager UC Silver serta Fashion Designer Bali Tjok Abi dengan menyuguhkan penampilan para model dengan memperagakan busana khas nusantara.(BB).