Ratusan Calon PPK Jembrana Ikuti Tets Tertulis Metode CAT

  06 Desember 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Peserta calon PPK ikuti test dengan metode CAT di SMAN 1 Negara

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Ratusan calon PPK yang akan ditugaskan disetiap kecamatan di Kabupaten Jembrana, melaksanakan seleksi tertulis dengan metode CAT yang bertempat di SMAN 1 Negara, Kabupaten Jembrana, yang diikuti oleh 103 peserta. Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jembrana telah melakukan sosialisasi ke masyarakat dan pendaftar mencapai 182 orang.

Setelah menerima 182 orang pendaftar, selanjutnya KPU Jembrana mengadakan pendaftaran administrasi dan sebanyak 103 yang lolos dalam pendaftaran administrasi tersebut. Hari ini pendataran kedua melalui test metoda CAT yang bertempat SMAN 1 Negara, Jalan Ngurah Rai, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana.

Ketua KPU Kabupaten Jembrana I Ketut Gede Tangkas Sudiantara saat dikonfirmasi awak media mengatakan, pihaknya mengawali perekrutan PPK dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat. "Baru kali ini pendaftar PPK banyak sekali sebanyak 182 orang yang kita butuhkan sebanyak 25 orang. Kita akan cari 3 kali kebutuhan masing-masing kecamatan," terangnya. Selasa (6/12/2022).

Menurutnya, unrtuk disetiap kecamatan se Jembrana membutuhkan 5 orang PPK dan maksimal diloloskan hanya 15 orang kemungkinan ada yang dibawah.. Dari 128 orang tersebut yang melengkapi berkas sebanyak 103 orang dan masuk ke tahap seleksi terulis. Dari 103 peserta ini kita akan cari 3 kali kebutuhan masing-masing kecamatan," ucapnya.

Untuk peserta yang lolos sebanyak 103 orang, lanjut Tangkas, akan mengikuti 3 test, pertama pada saat pendaftaran administrasi, test tulis melalui CAT dan terakhir test melalui wewancara pada tanggal 11 sampai 17 Desember 2022. "Adapun tugas pokok PPK yang nantinya lolos merupakan perpanjangan KPU dimasing-masing kecamatan, termasuk nanti mengkoordinir PPS yang ada di semua desa se Kabupaten Jembrana," imbuhnya.

Tangkas mengaku, PPK yang lolos akan dipekerjakan setelah dilantik pada tanggal 4 Januari 2023. Para peserta PPK ini sebelumnya mendaftar melalui situs SIAKBA, jani SIAKBA ini sudah terintergrasi dengan SIPOL. "Siapapun pendaftar sudah langsung keliatan di sistem apakah mereka terdaftar di SIPOL jika mereka terdaftar otomatis tidak diterima," pungkasnya. (BB)