Peringatan Serangan Umum Kota Denpasar, Jaya Negara Serahkan Bantuan Kepada Veteran

  12 April 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Peristiwa Serangan Umum Kota Denpasar yang terjadi 77 tahun lalu tepatnya pada tanggal 11 April 1946 selalu diperingati sebagai peristiwa heroik para pejuang kemerdekaan oleh segenap jajaran Pemkot Denpasar bersama masyarakat Denpasar. Seperti yang dilakukan pada Selasa (11/4) kemarin diperingati melalui kegiatan kegiatan Apel dan Tabur Bunga di Patung Puputan Badung. Usai melakukan tabur bunga Walikota Jaya Negara juga menyerahkan bantuan kepada sejumlah Veteran.

Peringatan ini juga tampak dihadiri Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, serta Forkopimda Denpasar. Bantuan kepada Veteran Pejuang yang diserahkan Walikota  Jaya Negara kepada 4 veteran pejuang dengan nilai masing-masing Rp. 15.500.000,- kemudian kepada satu orang ahli waris veteran senilai Rp. 5.000.000, serta seperangkat pakaian adat sebanyak 100 set.

"Peringatan Serangan Umum Kota Denpasar yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa heroik dalam sejarah mempertahankan wilayah Denpasar dari usaha para kolonial/NICA untuk merebut kembali kemerdekaan yang telah dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945," ujar Walikota Jaya Negara usai menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para Veteran.

Lebih lanjut disampaikan Peringatan Serangan Umum Kota Denpasar yang sarat makna bukan sebagai prosesi semata, namun dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dan mengajak generasi muda untuk meneladani sikap dan perjuangan para pahlawan. "Kami mengucapkan terima kasih kepada para Veteran Pejuang Kemerdekaan yang telah berdedikasi dan idealisme tinggi bersama-sama saling bahu membahu, berikhtiar berjuang dengan segenap jiwa raga mempertahankan kedaulatan NKRI," ujar Jaya Negara.

Sementara Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Antara, menyampaikan dalam Peringatan Serangan Umum Tahun diserahkan bantuan Veteran dilakukan Walikota Jaya Negara secara simbolis. Bantuan tersebut yakni kepada ahli waris korban Serangan Umum Kota Denpasar atas nama Ida Bagus Gede Yadnya senilai Rp. 5.000.000, Bantuan uang kepada empat orang Veteran Pejuang Kemerdekaan RI masing-masing senilai Rp. 15.500.000,-. disamping itu juga diserahkan secara simbolis pakaian adat kepada para 100 orang Veteran. "Para Veteran Pejuang Kemerdekaan yang telah berdedikasi tinggi yang sampai detik ini semangat dan jiwa kepahlawanan beliau tidak pernah pudar dibuktikan dengan kehadiran para Veteran  yang senantiasa semangat dan kompak," ujarnya. (Rls/BB)