Penyu Ditemukan Warga Akhirnya Mati, Petugas Menunggu Proses Nekropsi

  09 Desember 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: dokter hewan sedang mengecek kondisi penyu hijau yang ditemukan warga

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Penyu hijau yang ditemukan warga pada hari Selasa 06 Desember 2022 saat upacara leagamaan di Pantai Desa Delodberawah, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana yang ditemukan lemas akhirnya mati. Kemudian setwa yang dilindungi tersebut kemudian dilakukan Nekropsi untuk mencari penyebab kematiannya.

Koordinator Konservasi Penyu Kurma Asih Desa Perancak, I Wayan Anom Astika Jaya saat dikonfirmasi mengatakan, sebelumnya penyu ini sudah mendapat penanganan dari dokter hewan. "Ya tidak bertahan lama kurang dari 24 jam akhirnya penyu ini mati. Jumat (09/12/2022). 

Menurutnya, sudah segala upaya dilakukan untuk menangani penyu tersebut mulai dsri observasi dan juga sampai ditangani oleh dokter hewan. "Saat observasi dan mendapat penanganan dari dokter, kondisi penyu tersebut sangat lemah. Dari saat dievakuasi oleh pihak kepolisian kondisi penyu tersebut sudah sangat lemah," ujarnya. 

Anom juga mengaku terkait parasit yang ada di tubuh penyu, menurutnya itu hal biasa, saat dihilangkan juga belum sampai menggrogoti, kemariwn penyu ini menjadi sebuah pertanyaan. "Kita simpan dulu di prezer untuk dilakukan nekropsi atau penyelidikan mengenai penyebab kematiannya, apakah keracunan atau penyebab lainnya, takutnya penyu tersebut sempat memakan plastik," terangnya. (BB)