Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar Gelar Pelatihan Manajemen Pengelolaan Perpustakaan

  10 April 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar terus berkomitmen meningkatkan budaya gemar membaca untuk meningkatkan Indek Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) menuju masyarakat yang sejahtera dengan mengadakan Kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Perpustakaan bagi Pengelola/Tenaga Perpustakaan Tingkat Desa/Kelurahan/Kecamatan di Kota Denpasar, yang dilaksanakan di Ruang Studio Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada, Senin (10/4).

Kegiatan ini pertama kali diadakan untuk pengenalan bagi tenaga atau pengelola desa kelurahan/kecamatan dalam mengelola perpustakaannya sesuai spesifikasi dan ciri khas desa potensi masing-masing yang secara resmi dibuka oleh Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

“Meningkatnya kegemaran membaca dan literasi masyarakat tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama, dan saat ini Kota Denpasar sudah memiliki Bunda Literasi Kecamatan hingga tingkat Desa/Kelurahan sebagai figur penggerak dan role model di wilayahnya dalam pembudayaan gemar membaca dan literasi”, ujar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Hal itu disampaikan Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana saat memberikan arahan ketika membuka kegiatan tersebut di hadapan para peserta kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Perpustakaan.

Saat menghadiri kegiatan tersebut Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearisipan Drs. Dewa Nyoman Sudarsana dan Kepala Bidang Deposit dan Pengembangan Perpustakaan Anak Agung Sagung Yuli Suryawathi.

Selanjutnya Anak Agung Sagung Yuli Suryawathi menambahkan, narasumber dan materi pelatihan ini adalah dari pustakawan Provinsi Bali, penyuluh bahasa bali Provinsi Bali, vendor sistem perpustakaan digital (pustaka jaya), dan pustakawan dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Denpasar. 

“Peserta pelatihan ini disasar dari pengelola/tenaga/perpustakaan di tingkat desa/kelurahan/kecamatan dengan jumlah 47 orang peserta, dengan waktu pelaksanaan yang diagendakan selama 3 hari pelatihan yaitu dari tanggal 10-12 april 2023,” urai Anak Agung Sagung Yuli Suryawathi.

Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Perpustakaan ini juga menjadi salah satu upaya pengembangan perpustakaan desa/kelurahan/kecamatan yang dapat memotivasi dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia perpustakaan. Selain itu, juga dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM perpustakaan yang didasarkan pada salah satu fungsi dinas perpustakaan dan kearsipan yaitu dengan melaksanakan pembinaan terhadap berbagai jenis perpustakaan di Kota Denpasar. 

“Kami berharap para pengelola perpustakaan desa/kelurahan/kecamatan dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh guna mewujudkan Denpasar maju serta sejahtera melalui pemanfaatan perpustakaan di masing-masing wilayahnya," kata Yuli Suryawathi. (Rls/BB)