Akhirnya, Penyu Yang Diamankan TNI AL Dilepasliarkan di Pantai Pasir Putih Sumberkima

  19 Januari 2023 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Setelah dinyatakan sehat, 8 ekor penyu yang berhasil diamankan oleh TNI AL di Pesisir Pantai Klatakan mulai di lepas liarkan pada hari Kamis (19/1/2023), bertempat di di pantai Pasir Putih, Sumberkima, Buleleng di atas keramba. Kali ini penyu yang sudah dinyatakan sehat Pelepasliaran penyu tersebut di hadiri oleh unsur BKSDA Bali, TNBB, PSDKP, Dinas LH Bali dan Polair

Pelepasliaran 8 ekor penyu tersebut, diantaranya sudah berumur 40 tahun. Dari total 43 ekor penyu yang diamankan, total sudah 42 ekor yang dilepas ke habitatnya. Satu ekor masih dilakukan rehabilitasi karena tumor. 

Danlanal Denpasar, Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo mengatakan, pihaknya melepasliarkan penyu yang dilindungi ini ke habitatnya. "Kami berharap ini dapat menggugah masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian satwa dilindungi, khususnya penyu," terangnya.

Pihaknya terus melakukan pengamanan laut yang ada di Selat Bali, baik itu pengawasan terkait penyelundupan satwa dilindungi, penyelundupan narkoba, miras, illegal fishing maupun human trafficking. "Untuk pelaku masih dilakukan penyelidikan barang bukti yang diamankan di antaranya perahu dan 4 mesin tempel. Akan ada titik terang bilamana ada pengakuan dari pemilik kapal, " ujarnya.

Sementara Kasubag TU BBKSDA Bali, Prawono Meruanto mengatakan, akan terus menjalin koordinasi dengan stakeholder terkait guna menjaga kelestarian sumber daya alam termasuk penyu yang dilindungi ini. "Seluruh penyu yang diamankan sudah dilepaskan ke habitatnya hanya sisa satu masih dalam perawatan karena ditemukan tumor di bagian tubuhnya," ungkapnya.

Lebih jelasnya Prawono mengatakan, pemantauan akan terus dilakukan, kalau sudah keadaanya sehat akan dilepaskan. Satu penyu yang mengalami tritip (jamur di cangkang) juga sudah sembuh, masih sisa satu penyu yang masih diketahui tumor.  "Penyu yang diamankan segera dilepasliarkan ke habitatnya di laut lebih baik. Ketika sudah dalam kondisi sehat dan bisa beradaptasi, agar segera dilepaskan seperti yang dilakukan kemarin," pungkasnya. (BB)