Maling Satroni 8 Sekolah di Jembrana

  30 Juni 2023 HUKUM & KRIMINAL Jembrana

Ilustrasi (Ist)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Kasus pencurian di beberapa sekolah di Kabupaten Jembrana dimasa libur panjang mendapat perhatian khusus dari Polres Jembrana. Pelaku pencurian yang berhasil membobol sekolah lebih cenderung mereka menyasar barang berharga seperti proyektor dan barang-barang berharga lainnya.

Menurut data yang diperoleh, kasus pencurian sampai saat ini baru dilaporkan 8 sekolah yang digasak maling berada di 3 kecamatan di Jembrana, antara lain, kecamatan Negara terjadi di SDN 4 Lelateng dan SDN 3 Kaliakah. Kemudian di Kecamatan Mendoyo terjadi di SDN 5 Penyaringan, SDN 5 Yehembang serta SDN 1 Yehembang Kauh. Terakhir di Kecamatan Melaya rinciannya SDN 1 Tukadaya, SDN 5 Tukadaya serta SDN 4 Manistutu.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana saat dikonfirmasi terkait maraknya aksi pencurian di sekolah, dirinya membenarkan ada 8 sekolah yang kebobolan maling di Jembrana. “Kejadian diketahuinya kemungkinan beberapa hari setelah kejadian, ya karena sekarang musim liburan panjang,” jelasnya.

Ia mengaku, yang terbaru kejadiannya ada di Kecamatan Melaya, Dalam peristiwa tersebut, mayoritas proyektor yang kemarin digondol pelaku di beberapa tempat. “Saya menghimbau kepada seluruh sekolah mulai mengamankan barang-barang yang berharga milik sekolah, baik didimpan ditempat yang aman maupun dibawa pulang oleh salah satu perwakilan dengan jaminan barang tersebut aman (berita acara),” terangnya. Jumat (30/6/2023).

Menurutnya, disetiap sekolah saat ini masih belum ada penjaga khusus atau penjaga yang standby berada di sekolah. Dari beberapa laporan yang diterima, lokasi atau TKP pencurian tersebut berada di wilayah jauh dari keramaian alias sepi. Sehingga, aksi kejahatan yang dilakukan oleh pelaku kurang terpantau baik dari pihak sekolah maupun masyarakat sekitar.

 "Kita prediksi, dominan peristiwa pencurian ini di siang hari. Hanya satu lokasinya di wilayah kota. Sisanya di sekolah yang agak masuk ke dalam atau jauh dari keramaian," tandasnya. (BB)