Dikeluhkan Masyarakat, Uji Praktek SIM C Dirubah Jadi Hurup S

  07 Agustus 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Lintasan Uji Praktek SIM C di Polres Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Mendapat keluhan dari berbagai lapisan masyarakat sebelumnya sulitnya lolos uji praktek SIM, akhirnya sesuai dengan instruksi Kakorlantas Polri dalam KEP/105/VIII/2023 dengan mengubah lintasan uji praktek SIM C di Polres Jembrana sebelumnya berbentuk angka 8 menjadi huruf S.

Seperti halnya, pendapat dari salah satu warga asal Kelurahan Pendem Kadek Yastika 48 tahun dirinya sebelumnya sudah berkali-kali tidak berhasil melewati uji praktek. “Wah sebelumnya saya 10 kali gagal memiliki SIM gara-gara tidak berhasil uji praktek. Sekarang saya berhasil hanya sekali saja dengan lintasan baru hurup S,” ujarnya. Senin (7/8/2023).

Sementara Kasat Lantas Polres Jembrana, AKP Ni Putu Meipin Ekayanti, menjelaskan bahwa perubahan lapangan uji praktek SIM C sesuai dengan kebijakan dari Kakorlantas Polri dan telah mulai diterapkan pada hari ini, 7 Agustus 2023. “Lintasan baru yang berbentuk huruf S ini telah menggantikan mekanisme sebelumnya yang terdiri dari angka 8 dan zig-zag, sehingga kini ujian praktik menjadi satu kesatuan lintasan,” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Meipin, lintasan ujian SIM C yang baru juga mengalami perluasan dari 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. Meskipun demikian, materi ujian praktek seperti keseimbangan, U Turn, lintasan S, dan reaksi rem tetap diakomodasi dalam lintasan baru ini. “Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat, namun tetap mempertahankan tolak ukur Polri dalam menilai kompetensi berkendara dan menjamin keselamatan,” jelasnya.

Dengan perubahan ini, pihaknya berharap proses uji praktek SIM C akan menjadi lebih efisien dan dapat meningkatkan kualitas pengendara di jalan raya. “Kami berharap masyarakat di Jembrana dan sekitarnya dapat mengambil manfaat dari lintasan uji praktek SIM C yang baru ini mulai dari hari ini,” ungkapnya. (BB)