Tingkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Mahasiswa, UPT Bahasa Giatkan Pelatihan UAEPT di Unud

  12 Mei 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Ket poto : Mahasiswa Unud mengikuti Kompetensi Bahasa Inggris

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. UPT Bahasa Universitas Udayana mengadakan pelatihan Udayana Academic English Proficiency Test (UAEPT) bagi Mahasiswa Universitas Udayana yang bertempat di Aula Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar. Jumat (12/05/2023)

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa strata satu dari 13 fakultas di lingkungan Universitas Udayana yang berjumlah 111 mahasiswa. Pelatihan ini menghadirkan instruktur atau pengajar pelatihan dari Dosen Program Studi Sastra Inggris Universitas Udayana, di antaranya; I Made Sena Darmasetiyawan, S.S., M.Hum., Ph.D membawakan materi Listening Comprehension, Putu Lirishati Soethama, S.S., M.Hum dengan materi Reading Comprehension, dan terakhir I Nyoman Tri Ediwan, S.S., M.Hum memandu materi Structure & Written Expression. 

Pelatihan UAPET ini akan diakhiri dengan tes evaluasi UAEPT pada hari Senin, 15 Mei 2023 bertempat di UPT Bahasa Universitas Udayana. Di mana nantinya peserta akan mendapatkan dua sertifikat yakni sertifikat pelatihan UAEPT serta sertifikat resmi UAEPT dengan skor penilaian yang dapat digunakan dalam administrasi syarat wisuda atau ujian. 

Pelatihan yang dibuka oleh Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. Nyoman Gde Antara, Eng., IPU dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelatihan yang diadakan oleh UPT Bahasa sebab kemampuan berbahasa Inggris merupakan bekal wajib bagi setiap mahasiswa, hal ini tidak lain mendukung serta menunjang mahasiswa agar berpartisipasi dalam program internasional seperti MBKM khususnya IISMA. Keikutsertaan mahasiswa dalam program tersebut tentunya mendukung institusi untuk memperoleh IKU (Indikator Kinerja Utama) yang sesuai. 

Terlebih lagi jika mahasiswa yang nantinya menjadi alumni dari Universitas Udayana, menguasai bahasa asing tentunya menjadi penunjang bagi mereka untuk meniti karir atau pendidikan di luar negeri. Serta dampak bagi institusi yang mana program universitas di Indonesia khususnya internasionalisasi melalui PTNBH akan sangat berdampak dengan adanya civitas akademika yang memiliki kompetensi bahasa asing yang mana sejalan dengan program internasionalisasi seperti akreditasi internasional, pertukaran mahasiswa internasional, riset internasional dan lain sebagainya. 

Dalam laporan ketua panitia, Sang Ayu Isnu Maharani, S.S., M.Hum selaku Kepala UPT Bahasa Universitas Udayana menyampaikan bahwasannya UAEPT sendiri merupakan branding tes bahasa Inggris di Universitas Udayana, tujuannya agar UPT Bahasa memiliki identitas sebagai penyelenggara tes layaknya seperti tes bahasa Inggris dari Pusat Bahasa di seluruh Indonesia. Di sisi lain, branding juga memiliki tujuan agar terhindar dari tuntutan hukum terkait penggunaan nama TOEFL yang mana hanya diperuntukkan untuk TOEFL IBT dan ITP yang dikelola oleh IIEF sebagai pemegang lisensi tunggal di Indonesia, di mana Universitas Udayana sendiri menjadi salah satu official tes center untuk TOEFL ITP. 

“Tentunya sebagai agent of change, kami berharap mahasiswa dapat menjadi pemantik generasi baru di Indonesia, khususnya di Bali dengan menunjang lulusan Universitas Udayana dengan nilai plus dalam mendukung terciptanya sumber daya manusia yang ahli di bidangnya masing-masing dengan nilai tambah dalam kemampuan berbahasa Inggris yang menunjang karir di bidang profesional nantinya” pungkas Sang Ayu Isnu Maharani, S.S., M.Hum selaku ketua panitia Pelatihan UAEPT 2023. (BB)


Sumber: https://www.unud.ac.id/