Jelang WWF Pengamanan Pintu Masuk Bali Diperketat

  05 Mei 2024 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Petugas kepolisian memeriksan pengendara sepeda motor yang masuk Bali

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Menjelang World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Polres Jembrana meningkatkan pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk. Petugas memeriksa setiap kendaraan, baik pribadi maupun barang, yang turun dari kapal dan hendak keluar dari pelabuhan menuju Bali.

Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto, mengatakan bahwa pihaknya fokus pada pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk selama WWF berlangsung. "Pemeriksaan dilakukan sesuai prosedur, termasuk barang bawaan dan identitas orang yang masuk ke Bali. Tidak ada penambahan personel khusus," jelasnya. Minggu (5/5/2024)

Meskipun tidak ada lokasi khusus kunjungan delegasi WWF di Kabupaten Jembrana, Polres Jembrana tetap fokus mengamankan pintu masuk Bali di Pelabuhan Gilimanuk. Pemeriksaan dilakukan di Pos II oleh kepolisian, meliputi kendaraan, barang bawaan, dan surat-surat. Pejalan kaki diperiksa di pos Brimob dengan menggunakan metal detektor.

"Di Pos KTP, kami fokus pada pemeriksaan kependudukan, terkait identitas orang yang masuk Bali, baik pengendara, penumpang kendaraan, maupun pejalan kaki," jelas AKBP Endang.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Kompol I Komang Mulyadi, menambahkan bahwa menjelang WWF, pihaknya meningkatkan intensitas pemeriksaan di Pos 2 Pelabuhan Gilimanuk. Pemeriksaan difokuskan pada orang, barang bawaan, dan surat-surat, sebagai upaya preemtif dan preventif.

"Kami menambah personel Opsnal yang tidak berseragam dan melakukan pemeriksaan terhadap barang muatan truk dan bus di bagian bagasi atas menggunakan tangga," ujar Kompol Mulyadi.

WWF ke-10 akan diselenggarakan di Bali pada pertengahan Mei ini. Agenda internasional ini akan berlangsung selama sepekan dengan peserta dan delegasi dari 43 negara. (BB)