Cetak Jurnalis Millenial, Kwarcab dan PWI Jembrana Beri Pembekalan Jurnalistik

  29 Juli 2023 PENDIDIKAN Jembrana

Ket poto : Kwarcab Jembrana poto bersama dengan generasi millenial Pramuka Penegak Pandega

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jembrana memberikan pembekalan ilmu Jurnalistik kepada generasi millenial Pramuka Penegak Pandega, guna menghadapi tantangan era digitalisasi media informasi yang begitu cepat. Acara pembekalan tersebut dibuka oleh Kakwarcab Jembrana, I Made Budiasa, pada Sabtu, 29 Juli 2023, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jembrana.

Dalam sambutannya, Kakwarcab Jembrana, I Made Budiasa menyatakan, definisi berita saat ini telah berubah dari melaporkan peristiwa yang telah terjadi menjadi melaporkan peristiwa yang sedang terjadi. “Ini menekankan pentingnya kesadaran generasi millenial untuk memahami kaidah-kaidah jurnalistik, agar mampu membedakan informasi yang benar dengan berita hoax, karena semakin berkembanganya teknologi informasi yang menyebabkan jumlah media online dan akun media sosial terus meningkat,” terangnya.

Pembekalan Jurnalistik diikuti oleh 44 orang Pramuka Penegak dari Pangkalan SMA dan SMK se-Jembrana. Kwarcab Jembrana menghadirkan narasumber dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jembrana, Agus Mahendra, yang juga merupakan wartawan di salah satu media cetak dan online di Bali. Selain itu, hadir juga narasumber dari TVRI Bali, Selvina Tiolung.

Ketua Panitia, Pungky Indrayana, menjelaskan bahwa kegiatan Pembekalan Jurnalistik merupakan salah satu program unggulan Kwarcab Jembrana. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang dunia jurnalistik. “Tidak hanya berguna bagi Gerakan Pramuka, tetapi juga bermanfaat bagi sekolah dan kehidupan pribadi para peserta,” jelasnya.

Dengan adanya pembekalan ilmu Jurnalistik ini, ia berharap. generasi millenial akan menjadi jurnalis millenial yang kompeten dan siap menghadapi perubahan media informasi yang semakin dinamis di era digital saat ini. (BB)