Bupati Tamba Buka Lomba Utsawa Dharma Gita

  28 Juli 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Ratusan peserta dari kalangan anak-anak, remaja dan dewasa, unjuk gigi dalam hajatan tahunan yang diprakarsai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana, dengan mengusung tema "Melarapan antuk Utsawa Dharma Gita Kabupaten Jembrana warsa 2023 Ngiring Lestariang Seni Budaya Lan Susastra Baline Anggen Nyujur Jembrana Emas 2026" dipusatkan di Wantilan Pura Jagatnatha.  Utsawa Dharma Gita dibuka langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba ditandai dengan pemukulan gong, Selasa (28/7).

Bupati Tamba merasa bangga dan apresiasi kepada anak-anak yang mengikuti lomba utsawa dharma gita, menurutnya anak-anak yang mengikuti lomba ini merupakan generasi yang teladan. “Anak muda yang lain mungkin belum ada yang bangun atau sedang bermain handphone, sedangkan mereka ini sudah dandan untuk mengikuti lomba, saya sangat bangga dengan anak-anak ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap lomba utsawa dharma gita ini agar terus ditumbuh kembangkan. “Jadi jangan monoton, utsawa dharma gita ini harus kita tingkatkan terus agar lebih semangat lagi,” ujarnya.

Sementara, Ketua panitia I Wayan Sumadia mengatakan lomba utsawa dharma gita ini memiliki tujuan untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya daerah bali dan susastra bali. “Lomba ini juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah terutama dibidang pembangunan seni dan budaya daerah bali,” ungkapnya.

Sumadia menjelaskan bahwa pelaksanaan lomba utsawa dharma gita ini juga sekaligus untuk menseleksi, dimana pemenang dalam lomba ini akan di utus untuk mengikuti utsawa dharma gita di tingkat Provinsi Bali yang ke-31.   Utsawa Dharma Gita tingkat Provinsi Bali akan diadakan pada bulan september yang akan datang, tepatnya pada tanggal 11 dan 16 September 2023.

“Lomba utsawa dharma gita terdiri dari menguacen sloka, menghafal sloka dengan kategori anak-anak, remaja dan dewasa. lalu ada membaca kekawin dengan kategori remaja dan dewasa, ada juga membaca palawakya itu untuk remaja dan dewasa. selain itu juga ada membaca geguritan anak-anak putra ditambah dengan kidung campuran terdiri dari 5 orang 3 putri dan 2 putraputra.  Mudah-mudahan hari ini bisa satu hari kita selesaikan untuk memperoleh juara,” jelasnya. (Rls/BB)