Buka TTMD,  Bupati Tamba: Secara Ekonomi Sangat Efisien

  02 Maret 2021 PERISTIWA Jembrana

Foto: Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya, Jembrana - Bupati Jembrana I Nengah Tamba secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 110  bertempat di Gedung Kesenian Bung Karno, Selasa (2/3/2021). 

Usai pembukaan, dilanjutkan peninjauan kelokasi pembangunan jalan rabat  beton sepanjang 1,3 Km serta senderan 400 meter, di Banjar Petanahan Desa Batuagung Kecamatan Jembrana. TMMD digelar tiap setahun sekali merupakan sinergi dan  program terpadu TNI bersama pemerintah daerah dan masyarakat.

Turut hadir dalam pembukaan  Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, Ketua DPRD Jembrana  Ni Made Sri Sutharmi, Pj. Sekda. I Nengah Ledang juga Komandan Korem 163 /Wirasatya, Brigjen TNI Husein Sagaf  dan anggota Forkopimda Jembrana.

Disela-sela peninjauan lokasi TMMD,  Bupati I Nengah Tamba mengatakan, secara ekonomi, pembangunan infrastruktur berupa jalan desa yang dijadikan pilot projek dalam TMMD nilainya sangat efisien. 

Pasalnya, dari kondisi awal hanya jalan setapak sehingga tidak maksimal dan mengkhawatirkan bagi masyarakat.

“TMMD ini sangat bermanfaat. Sebelumnya ,  kondisi jalan yang dilewati masih becek berakibat  biaya produksi mahal bagi masyarakat. Namun setelah  diperbaiki  melalui kegiatan TMMD nanti, otomatis biaya buruh akan sangat efisien. Hasil-hasil panen pertanian petani akan cepat sampai pada titik pengepul,” ujarnya.

Bupati Tamba juga bersyukur kepada TNI, kegiatan TMMD bisa dilaksanakan disaat Pandemi Covid-19. Walaupun Pandemi Covid-19 masih berlangsung, berbagai tahapan kegiatan terpadu melalui TMMD ini bisa dilaksanakan dengan baik.

Sementara Dandim 1617 Jembrana, Letol. Inf. Hasrifuddin Haruna mengatakan, kegiatan TMMD ke 110  melibatkan tenaga 1 SSK gabungan 150 orang.

”Selama pelaksanaan TMMD semua personil tidak bermasalah dari sisi kesehatannya. Sebelumnya, semua personil telah melalui rapid antigen dan semuanya negatif. Kita harapkan semua personil gabungan dalam pelaksanaan TMMD berjalan lancar berlangsung  selama satu bulan hingga akhir maret nanti ,”harapnya.

Sementara Perbekel Desa Batuagung, I Nyoman Sudarma mengaku, kalau lokasi yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan TMMD ke 110 sudah tepat. Lokasinya strategis merupakan pembangunan infrastruktur jalan desa yang menghubungkan  3(tiga) banjar.

”Jalur yang disasar berupa pembangunan dan perbaikan jalan desa serta gorong-gorong yangmenghubungkan 3(tiga) banjar yakni, Banjar Batuagung, Palungan Batu serta Banjar Petanahan,” ujarnya.

Perbekel Sudarma juga mengatakan, jalan desa yang digarap secara terpadu melalui giat TMMD ini memiliki panjang 1,3 km, senderan sepanjang 400 meter dan pembangunan gorong-gorong sebanyak 2 buah. (Jun/ Humas).