Lagi! Erupsi Sabtu Dinihari, 4 Wilayah di Kubu Terpapar Hujan Abu dan Pasir Gunung Agung

  18 Mei 2019 PERISTIWA Karangasem

berbagai sumber

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Untuk kesekian kalinya, Gunung Agung di Karangasem, Bali mengalami erupsi Sabtu (18/5) sekira pukul 02:09 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 57 detik.
 
 
Informasi yang berhasil dihimpun, dari Pasebaya Agung Pos Pengamatan Gunungapi Agung dengan Ketua I Gede Pawana dan Sekretaris I Wayan Suara Arsana, ada 4 daerah yang terpapar hujan abu dan pasir dampak dari erupsi dini hari 18 Mei 2019 pukul 02.09 wita via Radio Pasebaya Agung.
 
 
Laporan relawan Pasebaya Agung di utara Gunung Agung pukul 05.10 Wita yang terpapar antara lain, Dusun Cutcut, Dusun Tongtongan, Dusun Bonyoh dan Dusun Temakung, Desa Ban Kecamatan Kubu.
 
 
Sementara itu, laporan KESDM, Badan Geiologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Agung di Rendang, Karangasem saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi : (1) Masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru.
 
 
(2) Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.(BB)