Diserbu Pembeli, Harga Durian Justru 'Anjlok' di Jembrana

  08 Februari 2018 EKONOMI Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Sejak sebulan belakangan ini di Jembrana telah memasuki musim panen buah durian. Namun sayangnya, buah yang lezat dan bikin ketagihan ini harganya di pasaran justru merosot tajam. Padahal durian saat ini diserbu pembeli.
 
 
 
Sejumlah pedagang durian di Jembrana, Kamis (8/2) menuturkan, sejak seminggu belakangan ini harga durian merosot tajam. Padahal diawal musim panen harga durian ukuran kelas A atau ukuran besar menembus RP 35 ribu per-buah.
 
Namun sejak seminggu belakangan ini, harga durian untuk kelas A hanya terjual Rp 20 ribu perbuah. Sedangkan untuk buah kelas D atau ukuran buah sebesar kepalan orang dewasa, hanya laku dijual Rp 5 ribu per-dua buah. Sementara sebelumnya ukuran ini terjual Rp 10 ribu perbuah.
 
“Sekarang harga durian sudah murah. Turunnya sejak seminggu lalu, tapi meskipun turun tetap diserbu pembeli. Hanya saja keuntungannya nipis,” ujar Nyoman Arjana (47), seorang pedagang durian asal Desa Yehembang, Mendoyo, Kamis (7/2/2018).
 
 
 
Menurutnya, menurunnya harga durian belakangan ini lantaran di Jembrana mengalami panen raya. Jumlah produksi buah durian sejak seminggu belakangan sangat melimpah, sehingga mempengaruhi harga.
 
Disamping itu lanjut Arjana, faktor cuaca yang ekstrim, dimana tingkat curah hujan yang tinggi juga mempengaruhi harga durian karena buah durian yang dihasilkan saat musim hujan mengurangi kelesatan dan kemanisannya.
 
 
 
Sementara sejumlah pedagang durian di Jembrana juga membenarkan harga durian sejak seminggu belakangan ini cendrung menurun tajam dan diprediksi akan terus mengalami penurunan karena masa panen raya dan cuaca ekstrim.(BB)