Wow, Dana Pilgub Bali 2018 Anggarannya Capai Rp 254 Miliar

  16 November 2016 PERISTIWA Denpasar

Ilustrasi/Ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 
Baliberkarya.com - Denpasar. Meski Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali masih dua tahun lagi, namun tahapannya yang akan dimulai Juni 2017 ternyata menyedot biaya yang sangat besar.
 
Infonya, anggaran Pilgub Bali tertuang dalam rapat pembahasan anggaran antara Komisi I DPRD Bali bersama KPU Bali, Bawaslu Bali, Kesbangpol Bali, dan Polda Bali di DPRD Bali, Denpasar terkuak  anggarannya mencapai Rp 254 miliar. 
 
Jumlah tersebut bahkan sudah dikurangi dari anggaran yang semula diajukan KPU Provinsi Bali sebesar Rp 268 miliar. Meski anggaran yang disetujui lebih kecil dibandingkan dengan usulan KPU Provinsi Bali, namun DPRD Provinsi Bali menuding ada kejanggalan dengan anggaran tersebut. 
 
Seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai yang menyatakan kejanggalan karena dalam anggaran tersebut juga disisipkan anggaran Pilkada Gianyar dan Pilkada Klungkung. Padahal, secara kebetulan dua daerah itu menggelar Pilkada bersamaan dengan Pilgub Bali tahun 2018 mendatang.
 
"Bagi saya ini janggal. Anggaran Pilgub yang diajukan KPU Bali, malah termasuk untuk Pilkada Gianyar dan Klungkung," ujar anggota Fraksi PDIP DPRD Provinsi Bali itu.
 
Bagi Dewa Rai, anggaran Pilgub Bali sebesar Rp254 miliar itu sangat besar. Apalagi jika berkaca pada kinerja KPU selama ini, yang dinilainya tidak maksimal. 
 
"Tidak masalah dana sebesar itu, asalkan kinerja KPU maksimal," ungkapnya.
 
Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi yang dikonfirmasi awak media secara terpisah mengaku anggaran sebesar Rp 254 miliar itu murni untuk Pilgub Bali. Sementara, Kabupaten Gianyar dan Klungkung yang menggelar Pilkada di waktu yang bersamaan juga mengajukan anggaran ke pemerintah setempat.
 
"Jadi ada atau tidak ada Pilkada di Gianyar dan Klungkung, tetap ada anggaran untuk penyelenggara Pilgub di kedua daerah tersebut," terang Raka Sandi.
 
Sementara, data anggaran yang dibutuhkan secara keseluruhan untuk Pilgub Bali 2018 nanti jika ditotal mencapai hampir Rp500 miliar. Adapun perinciannya yaitu untuk KPU Bali sebanyak Rp 254 miliar, Bawaslu Rp 57 miliar, pengamanan dari Polda Bali Rp 157 miliar dan Korem 163/Wirsatya Rp 4,5 miliar. (BB).