Walikota Jaya Negara Resmikan Operasional TPS3R Bala Puri Resik Desa Penatih Dangin Puri

  27 November 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Ket foto : Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat meresmikan operasional Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuce Recycle (TPS3R) Bala Puri Resik Desa Penatih Dangin Puri yang dirangkaikan dengan Melaspas dan Mendem Pedagingan bertepatan dengan Purnama Sasih Kaenem, Senin (27/11).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara meresmikan operasional Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuce Recycle (TPS3R) Bala Puri Resik Desa Penatih Dangin Puri yang dirangkaikan dengan Melaspas dan Mendem Pedagingan bertepatan dengan Purnama Sasih Kaenem, Senin (27/11). Beroperasinya TPS3R ini diharapkan mampu mendukung terciptanya pengolahan sampah berbasis sumber di Kota Denpasar. 

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam kesempatan tersebut menjelaskan, sampah merupakan permasalahan klasik perkotaan. Dimana, penanganan sampah berbasis sumber merupakan salah satu opsi guna mendukunh optimalisasi penanganan sampah di Kota Denpasar. 

Lebih lanjut dijelaskan, kehadiran TPS3R Bala Puri Resik, Desa Penatih Dangin Puri merupakan angin segar penanganan sampah di Kota Denpasar. Sehingga diharapkan kehadiran TPS3R ini mampu mengatasi masalah sampah minimal di Desa Penatih Dangin Puri. 

"Tentu kami memberikan apresiasi, sekaligus menjadi angin segar dalam pemanganan sampah di Kota Denpasar, minimal bisa mengatasi permasalahan sampah di Desa Penatih Dangin Puri dan daerah penyangga, semoga hadirnya TPS3R ini mampu menjadi contoh dalam pengolahan sampaj berbasis sumber di Kota Denpasar," ujarnya

Perbekel Desa Penatih Dangin Puri, I Wayan Kamar mengatakan, TPS3R ini didirikan guna mendukung kebijakan pengolahan sampah berbasis sumber di Kota Denpasar. Dimana, saat ini TPS3R Bala Puri Resik ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan sampah di Desa Penatih Dangin Puri. 

Dikatakannya, saat ini TPS3R Bala Puri Resik ini difokuskan dalam mendukung pengolahan sampah yang sudah dipilah. Dimana pengolahannya difokuskan untuk komposting dan kedepan akan dikembangkan dengan penambahan Meskn Gibrik. 

"Saat ini penanganan sampah yang dipilah menjadi fokus utama, dan kedepan akan ditambah mesin gibrik, diharapkan pengolahan sampah lebih optimal guna menekan pergerakan sampah menuju TPST dan TPA Suwung," ujarnya. 

Untuk diketahui, guna mendukung optimalisasi penanganan sampah di Kota Denpasat, Pemkot Denpasar bersama Desa/Kelurahan telah mendirikan 24 TPS3R dan 3 TPST. Diharapkan kedepan penanganan sampah di Kota Denpasar dapat terus dioptimalkan. (Rls/BB)