Wakil Bupati Bangli Hadiri Serah Terima Barang dan Pekerjaan TPS 3R Untuk 3 Desa Kintamani

  14 November 2023 SOSIAL & BUDAYA Bangli

Dok Humas Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Bangli, Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menerima serah terima pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) program kegiatan TPS 3R dari Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Bali (BPPW BALI).

Serah terima tersebut dilaksanakan pada Selasa (14/11/2023) di ruang rapat krisna Setda Kabupaten Bangli. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana, Permukiman Provinsi Bali atau yang mewakili, bersama jajaran, PPK Sanitasi Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Bali, Kepala DLH Kabupaten Bangli, Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Permukiman Kabupaten Bangli, Camat Kintamani, Danramil Kintamani, Kapolsek Kintamani, Koordinator Fasilitator IBM TPS3R TH 2023, Perbekel Desa Bantang, Perbekel Desa Mengani, Perbekel Desa Sekaan, Direktur Dywik Bank Sampah dan Fasilitator Provinsi Program TPS3R.

Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerjasama seluruh pihak dalam upaya peningkatan sarana prasarana pengelolaan sampah dengan pola TPS3R.

"Dengan terbangunnya sarana Pengelolaan Sampah di Desa Bantang, Mengani, dan Desa Sekaan di tahun 2023, membuktikan bahwa pengelolaan sampah merupakan tanggungjawab seluruh elemen, baik itu masyarakat, swasta, maupun pemerintah," katanya.

Diar juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangli melalui OPD terkait selalu berupaya untuk meningkatkan pola pengurangan dan penanganan sampah baik itu di perdesaan maupun perkotaan. Salah satu program inovasi yang telah diwujudkan yaitu Bijak Sadia Padu (Kebijakan dan strategi Pengelolaan Sampah di Desa/Kelurahan secara Terpadu).

"Program ini mewajibkan Pemerintah Desa/Desa Adat maupun Kelurahan dapat mendorong masyarakatnya melakukan pengelolaan sampah secara mandiri melalui penerapan Prinsip 3R dari sumber sampah," ujarnya.

Diar berharap, agar bantuan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat (TPS3R) ini dapat ditingkatkan untuk mempercepat upaya pengelolaan sampah berbasis sumber di Kabupaten Bangli.

"Sehingga pengelolaan sampah dengan metoda TPS3R yang sudah terbangun di Kabupaten Bangli dapat menjadi percontohan Pengelolaan sampah bagi Desa maupun daerah lain," harapannya.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Bali, Sunarjito, mengatakan bahwa demi mewujudkan sistem pengelolaan sampah yang efektif dan efisien, harus ada sinergi dari seluruh masyarakat.

"Titik kritis dalam pengelolaan sampah dengan konsep TPS3R adalah di tahap operasional, oleh karena itu pihaknya berharap melalui Kelompok Masyarakat Penyelenggara untuk dapat melakukan pengoperasian TPS 3R sesuai ROP yang telah disusun," ujar Sunarjito.

Pihaknya juga berharap agar pihak desa, tokoh masyarakat agar selalu memberikan dukungan semasa operasional dan memberikan inovasi-inovasi sebagai pengembangan pengelolaan sampah di desa. Demikian pula kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli melalui OPD terkait agar selalu memberikan pembinaan dan pendampingan teknis kepada TPS 3R.

Pada kesempatan tersebut, Kepala DLH Kabupaten Bangli, I Made Mertayasa, menyampaikan bahwa pembangunan TPS3R di tiga desa di Kecamatan Kintamani tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi volume sampah yang ada di Kabupaten Bangli.

"TPS3R ini akan dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi kompos, barang daur ulang, dan bahan bakar alternatif," kata Mertayasa.

Ia berharap, dengan adanya TPS3R ini, masyarakat dapat lebih disiplin dalam mengelola sampah, sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan. (Rls/BB)