Wabup Mahayastra Buka Porsenides Taro

  30 Juni 2016 PERISTIWA Gianyar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Bangkitkan serta optimalkan potensi desa, Desa Taro menggelar Pekan Olah Raga Seni Desa (Porsenides) Taro tahun 2016. 
 
Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Porsenides Taro, I Made Misi, saat pembukaan Porsenides di Lapangan Ki Kalung Singkal, Banjar Taro Kaja, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Kamis (30/6/2016).                                                       
 
Misi mengatakan kegiatan Porsenides akan dilaksanakan selama 10 hari yang dimulai dari (1/7) hingga (11//7). Sedangkan pembukaan Porsenides dilaksanakan (30/6), dan diisi kegiatan Lomba Baleganjur asal 14 banjar/desa pakraman se-Desa Taro. 
 
Anggaran yang dipergunakan bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang ditetapkan dalam APBDes 2016. 
 
“Anggaran tidak besar, namun kami ingin optimalkan serta gali potensi seni, budaya serta potensi terpendam lainnya di Desa Taro,”papar, I Made Misi.
 
Pelaksanaan Porsenides akan diisi kegiatan di pelbagai bidang, antara lain lomba Kekawin, Geguritan, Kidung, Tari Puspanjali, Lomba Nulis Lontar, Lomba Mesatua Bali, Lomba Dharma Wecana, serta Lomba Meulatan dan Mejejaitan. Sedangkan bidang olah raga akan dilaksanakan Lomba Volly Putra-Putri, Kejuaraan Footsal, Lomba Tarik Tambang, serta lari Karung. 
 
Seluruh kegiatan akan dilaksanakan di areal Wantilan Pura Agung Gunung Raung dan Lapangan Ki Kalung Singkal. Dewan juri seni dan budaya dibantu Pemkab Gianyar melalui Dinas Kebudayaan Gianyar.
 
Senada yang diungkapkan Perbekel Taro, I Wayan Suardika Porsenides yang pertama kalinya ini merupakan usulan masyarakat yang tertunda sejak beberapa tahun lalu. Sehingga pelaksanaan ini sangat dinantikan masyarakat Desa Taro. 
 
Saat pembukaan Porsenides yang dihadiri Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gianyar, SKPD Terkait, unsur Kecamatan Tegallalang serta ratusan masyarakat Desa Taro sangat dinantikan masyarakat. Antusiasme masyarakat mengikuti serta menyaksikan pembukaan ini sangat tinggi, lapangan Ki Kalung Singkal yang berlokasi diareal Pura Gunung Raung Taro sesak dengan masyarakat. 
 
“Porsenides ini diikuti lebih dari 1.500 seniman, 1.000 atlet serta 350 anak-anak pesraman asal 14 desa pakraman se-Desa Taro, saya berharap ini menjadi ajang membangkitkan seni budaya dan nantinya bisa mensejahtrakan masyarakat Taro,”papar Suardika.
 
Lomba Baleganjur diawali dari wakil Banjar Taro Kaja, Sengkaduan, Patas, Tebuana, Ked, Pisang Klod, Taro Klod, Let, Tatag, Pisang Kaja, Pakuseba, Puakan, Alas Pujung dan Banjar Belong. Selanjutnya akan dilaksnakan pelbagai kegiatan lainnya.
 
Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra mengapresiasi dan bangga atas terlaksananya kegiatan Porseni Desa Taro kali ini. Hal ini membuktikan kekompokan dan kebersamaan, serta rasa kekeluargaan yang tinggi antar seluruh komponen masarakat desa, sehingga Porsenides dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
 
Lebih lanjut, Mahayastra mengatakan kegiatan Porsenides merupakan media yang tepat guna menggali potensi seni dan olahraga di Desa Taro. Melalui porsenides ini akan terjaring bibit atlet dan seniman berprestasi yang ada di Desa. 
 
Selain itu kegiatan Porsenides sangat efeketif sebagai ruang berekspresi bagi atlet dan seniman desa. Sehingga generasi muda dapat diarahkan pada kegiatan positif, serta semakin menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan pada desa. 
 
“Saya berharap dengan tujuan mulia tersebut, semua peserta dapat senantiasa menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding dan berlomba, sehingga tujuan akhir dari pelaksaan kegiatan Porsenides dapat makin mempererat dan menjaga kekompokan diantara semua,”papar Mahayastra.
 
Pemkab Gianyar akan senantiasa menyediakan ruang dan selalu memfasilitasi seluruh kegiatan yang diarahkan pada pembangunan seni-budaya serta pengembangan olahraga di Gianyar. 
 
Sehingga kedepan akan lahir bibit seniman dan atlet yang mampu mengharumkan nama Gianyar pada level yang lebih tinggi. Ajang Porsenides seperti ini merupakan media yang paling efektif untuk mewujudkan prestasi tersebut. 
 
”Sekali lagi saya mengajak semua pihak yang ada di Desa Taro untuk terus berfartisipasi aktif dalam seluruh kegiatan pembangunan di segala bidang di Desa Taro,”pungkasnya. (bb).