Wabup Bangli Hadiri Tes IVA dan Sadanis -Mamografi Ikatan Adhyaksa Bangli

  20 Oktober 2017 OPINI Bangli

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan kaum perempuan Indonesia dan juga untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya dari penyakit kanker serviks dan payudara, yang mana telah banyak merenggut nyawa kaum perempuan, Jumat (20/10) Ikatan Adhiyaksa Wilayah Bali (IAD) menggelar acara tes IVA dan SANDANIS/MAMOGRAFI untuk deteksi dini kanker serviks dan payudaya yang dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut sedini mungkin. Acara yang di pusatkan di Rumah Sakit Bangli Medical Shanti (BMC) Kabupaten Bangli dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,SE, Kajati Bali Dr. H. Jayakesuma,SH.MH, Ketua IAD wilayah Bali Nyonya Tuti Jayakesuma, Kajari Se-Bali, Kapala Kantor Kementerian agama Kabupaten Bangli, kadiskesehatah provinsi Bali, Kadis Kesehatan Kabupaten Bangli, peserta tes IVA dan SADANIS/MAMOGRAFI.

Ketua Panitia Nyonya Indah Joko Suryanto dalam laporanya menyampaikan kegitan yang terselengara kali ini merupakan wujud kepedulian dari Ikatan Adhiyaksa Wilayah Bali (IAD) terhadap kesehatan kaum perempuan Indonesia dan juga untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya dari penyakit kanker serviks dan payudara, yang mana telah banyak merenggut nyawa kaum perempuan. Dengan tujuan untuk deteksi dini kanker serviks dan payudaya yang dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut sedini mungkin. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 250 peserta yang ditangani oleh tenaga medis yang sudah terlatih dari rumah sakit Bangli Medical Shanti dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kabupaten Badung dan Kabupaten Bangli. Selain tes IVA dan SADANIS/MAMOGRAFI juga akan dilakukan edukasi tentang deteksi dini kanker payudaya dari Dr. Naris,SPPA dari RS BMC.

Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,SE menyampaikan Selamat datang kepada Kajati Bali dan rombongan IAD wilayah Bali di Rumah Sakit Medical Shanti. Perlu kami sampaikan Bahwa RS BMC meruakan satu satunya rumah sakit swasta yang ada di Kabupaten Bangli, dimana BMC dibangun berdasarkan komitmen bersama untuk membantu pemerintah Kabupaten Bangli untuk meningkatkan dan mempercepat proses kesehatan masyarakat, termasuk pimpinan kita Bapak Bupati Bangli sebagai salah satu yang masuk dalam pengabsahan rumah sakit Bangli Medical Shanti. “Kegiatan yang diselenggarakan oleh IAD Bali merupakan berkah bagi kita di Kabupaten Bangli yang sekaligus akan dapat membantu Pemerintah Bangli dalam meningkatkan capaian kesehatan masyarakat, bisa dibantu melalui kegiatan ini” terang Sedana Arta.

Penyakit Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh multi faktor seperti faktor lingkungan, kebiasaan atau perilaku yang tidak sehat. Dari data yang ada banyak penderita penyakit kanker sering kali datang ke pelayanan kesehatan sudah dalam stadium lanjut sehingga tidak bisa tertolong. “Sebenarnya penyakit kanker bisa ditanggulangi dengan tuntas apabila bisa ditemukan pada stadium awal, salah satu cara yaitu dengan melakukan deteksi dini seperti kegiatan yang dilaksanakan hari ini” terang Sedana arta.  Oleh karena itu kepada ibu-ibu mari jangan ragu untuk melakukan IVA dan SADANIS/MAMOGRAFI untuk pencegahan secara dini.

  

Sementara Kajati Bali Dr. H. Jayakesuma,SH.MH menyampaikan apreseiasi kepada Para peserta terutama Ibu-ibu yang sangat antosias mengikuti program tes IVA dan SADANIS/MAMOGRAFI ini. Dari sekian kali kegitan yang diselenggarakan dibeberapa tempat seperti Singaraja, Gianyar dan Kabupaten Bangli hari ini dengan jumlah perserta yang sangat banyak menunjukkan bahwa kesadaran akan kesehatan diri sendiri para wanita khususnya ibu-ibu di Bali sangat tinggi dan merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Hal ini menunjukkan kepedulian yang tinggi dan sangat luar biasa, hal ini juga sejalan dengan program pemerintah seperti yang dicanangkan presiden Jokowidodo yaitu  “Masyarakat Hidup Sehat” hal ini membuat saya terharu, karena kita ketahui bersama pada kehidupan manusia akan ada fase-fase kita mengalami sakit, oleh karena itu sangat penting artinya untuk melakukan pencegahan dengan melakukan tes IVA dan SADANIS/MAMOGRAFI ini untuk melakukan pencegahan secara dini terhadap kemungkinan terjangkit Kanker serviks dan payudara. Berdasarkan data yang ada Kanker telah menduduki peringkat ke dua di Provinsi Bali. “jadi dengan dilaksanakan kegiatan ini  kedepan dapat menurunkan bahkan menghilangkan peringkat tersebut, sehingga tidak ada ibu-ibu yang terkena kanker serviks dan panyudara” harap Jaya Kesuma.

BACA JUGA :
 

  Sementara Ketua Ikatan Adhiyaksa wilayah Bali  Nyonya Tuti Jaya Kesuma menyampaikan dilaksanakan kegiatan tes IVA dan SADANIS/MAMOGRAFI ini diharapkan menjadi pengagas untuk tes IVA di provinsi Bali, semoga hal ini dapat diikuti dan di ketuk tularkan oleh organisasi lainya. Terimakasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini terutama Rumah Sakit Bangli Medical Shanti (BMC) yang telah mempasilitasi, sehingga dapat terlaksana hari ini. “Kedepan dengan dilaksanakan tes IVA dan SADANIS/MAMOGRAFI ini semua wanita dan ibu-ibu di Indonesia bisa sehat, anak-anak yang dilahirkan juga sehat sehingga tercipta generasi penerusnya menjadi anak-anak bangsa yang sehat pula” harapnya.(BB)