Uniknya Keberagaman di Bali, Rayakan Kurban Ditengah Nuansa HUT RI dan Upacara Ngrebong

  11 Agustus 2019 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Menyembelih hewan kurban, sudah menjadi kegiatan bagi umat muslim saat perayaan Hari Raya Idul Adha.
 
 
Di Bali, umat muslim menyambut hari raya kurban dengan khusuknya seiring kemeriahan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74. 
 
Terlebih bagi warga di wilayah desa pakraman Kesiman yang sedang melaksanakan prosesi upacara Ngrebong atau Pengrebongan di Pura Petilan Petilan, Jalan Wr.Supratman, Denpasar Timur.
 
 
Sejak pagi tadi, sekitar pukul 07.00 wita nampak beriringan warga umat muslim melakukan ibadah Solat Idul Adha di masjid. Saat bersamaan warga di desa adat Pakraman Kesiman mulai berdatangan mempersiapkan sarana upacara di Pura Dalem Petilan.
 
 
Sementara di tempat lain, sebagian warga juga sudah mulai melakukan kegiatan lomba untuk anak-anak dalam menyambut kemerdekaan RI.
 
 
Disisi lain sekitar pukul 09.00 Wita, warga umat muslim di wilayah masing-masing nampak sibuk melakukan prosesi menyembelih hewan kurban.
 
 
Seperti halnya di wilayah Kalimutu Gang IX Munang Maning Denpasar. Warga yang terdiri lebih dari 100 KK ini menyembelih hewan kurban sapi dan kambing.
 
"Sejak pagi tadi alhamdulilah pelaksanaan pemotongan hewan kurban berjalan lancar. Di hari ini (Idul Adha) warga kami melakukan kurban hewan sapi ada 4 ekor dan kambing ada 5 ekor," singkat Sohib Imam Muhajir,ST selaku panitia hewan kurban di Kalimutu Gang IX Munang Maning Denpasar Barat, Minggu (11/8).(BB)