Undang Narasumber dari Afrika Selatan, FK Unud Tingkatkan Pengetahuan Peran HbA1c Untuk Diagnosis Diabetes

  15 Desember 2023 PARIWISATA Denpasar

Program Studi Spesialis Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menyelenggarakan guest lecture yang bertempat di Ruang Pertemuan Prof. dr. I Goesti Ngoerah Gde Ngoerah, Gedung FK Unud Denpasar, Jumat (15/12/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan mengenai peran HbA1c, Program Studi Spesialis Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menyelenggarakan guest lecture yang bertempat di Ruang Pertemuan Prof. dr. I Goesti Ngoerah Gde Ngoerah, Gedung FK Unud Denpasar, Jumat (15/12/2023).

Mengundang Prof. Rajiv Erasmus dari Patologi Klinis National Health Laboratory Services (NHLS), Stellenbosch University, Cape Town, Afrika Selatan sebagai pembicara, dalam acara ini terdapat 2 topik yang dibawakan yaitu "Pitfalls in three use of HbA1c for the diagnosis of diabetes in non Caucasian populations" dan "Global MedLab Week 2024: Labs Save Lives".

Diikuti oleh para peserta didik (residen) dan staff dosen, tujuan diselenggarakannya dari acara ini adalah guna meningkatkan pengetahuan mengenai peran HbA1c untuk diagnosis pada populasi non kaukasian dan semakin banyak peserta didik yang memahami mengenai peran HbA1c untuk diagnosis diabetes.

Acara kuliah tamu diawali dengan sambutan oleh Dekan FK Unud, Prof. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes., yang sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya Prof. Januartha menyampaikan bahwa ilmu yang akan dibagikan oleh narasumber tentunya akan sangat bermanfaat bagi para peserta didik dan para dosen yang mengikuti kuliah tamu ini.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan banyak terjadi di Indonesia, sehingga dengan kedatangan Prof. Rajiv yang akan memberikan ilmu dan praktek terbaru mengenai diagnosis diabetes diharapkan dapat menambah pengetahuan peserta dalam memahami peran HbA1c untuk diagnosis diabetes.

"Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan cukup banyak terjadi di Indonesia, kedatangan Prof. Rajiv yang merupakan praktisi langsung tentunya akan memberikan manfaat bagi kita semua untuk lebih memahami peran HbA1c untuk diagnosis diabetes. Saya harap para peserta dapat memperoleh informasi terbaru mengenai peran HbA1c untuk diagnosis diabetes yang nantinya akan berguna dalam prakteknya di lapangan" ucapnya.

Sesuai dibuka, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Prof. Rajiv dan sesi diskusi yang berjalan interaktif. Selain para peserta didik dan staff dosen, acara ini juga turut dihadiri oleh Koordinator Program Studi Spesialis Patologi Klinik FK Unud yaitu Dr. dr. Sianny Herawati, Sp.PK (K) beserta Ketua PDS Patklin dan IACC cabang Bali yaitu Prof. Dr. dr. A. A. Wiradewi Lestari, Sp.PK (K).(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4180-Tingkatkan-Pengetahuan-Peran-HbA1c-Untuk-Diagnosis-Diabetes-FK-Unud-Undang-Narasumber-Dari-Afrika-Selatan.html