Ular Sanca 2 Meter Ditemukan oleh Warga, Satu Lagi Diamankan Damkar Jembrana

  12 Februari 2024 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Petugas Damkar amankan ular sanca ke dua di Lingkungan BB Agung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Seekor ular sanca sepanjang 2 meter dengan berat 8 kg ditemukan di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana pada hari Kamis (8/2) sekitar pukul 16.30 WITA. Ular tersebut kemudian diserahkan kepada Petugas Damkar Kabupaten Jembrana.

Mangku Rai Tangkas, warga yang pertama kali melihat ular tersebut, mengatakan bahwa ular tersebut ditemukan di pohon coklat saat dirinya membersihkan pohon tumbang di pinggir tebing dekat rumahnya.

"Ularnya cukup besar, panjangnya sekitar 2 meter dan beratnya 8 kg. Saya langsung mengamankannya dan ditaruh di kandang ayam," ujar Mangku Rai. Senin (12/2/2024).

Keesokan harinya, ular tersebut diserahkan kepada Petugas Damkar Jembrana. Kasat Pol PP Jembrana I Made Leo Agus Jaya membenarkan bahwa ular tersebut telah diterima oleh Damkar.

"Ularnya masih dalam keadaan hidup saat diserahkan kepada petugas. Saat ini ular tersebut sudah diamankan di kantor," jelas Leo.

Selain itu, Leo juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengamankan ular sanca pada Senin (12/2/2024) sekira pukul 10.00 wita dengan panjang kurang lebih 2 meter dengan berat 4,5 kg di Jalan Mataram, Lingkungan BB Agung, Kecamatan Negara.

"Saat itu warga sedang nyabit rumput dan dikagetkan dengan kemunculan seekor ular sanca dan langsung minta tolong ke warga lainnya. Karena tidak berhasil mengangkat ular tersebut, warga memutuskan minta tolong ke Damkar Jembrana. Saat ini ular tersebut sudah diamankan di kantor," ujarnya.

Leo mengimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap keberadaan ular, terutama di musim hujan saat ular keluar mencari mangsa.

"Jika melihat ular, jangan panik dan segera hubungi petugas Damkar atau pemadam kebakaran," imbuhnya. (BB)