Tanpa Dipungut Biaya, Rekrutmen Karyawan PT Mitra Prodin Dibuka Secara Besar-besaran

  24 Juli 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Yang ditunggu-tunggu masyarakat akhirnya tiba, perekrutan karyawan PT Mitra Prodin yang terletak di Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, mulai  secara besar-besaran dibuka dengan target 7.000 tenaga kerja. Yang diprioritaskan untuk warga lokas Jembrana dan lebih diprioritaskan juga warga miskin. Bangunan pabrik gilingan rokok tersebut yang estimase selesainya ditarget Desember 2023 direncanakan mulai tanggal 26 Juli 2022 mulai dibuka.

Saat dikonfirmasi awak media saat jumpa persnya di Ireng Kopi Jalan Ngurah Rai, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Bupati I Nengah Tamba menegaskan, dalam perekrutan karyawan tidak dipungut biaya alias gratis. Pihak perusahaan juga sudah membentuk tim penerima lamaran yang telah ditunjuk PT Mitra Prodin. Tim yang dinamai lima pilar dan merupakan anak muda Jembrana itu, berjumlah 5 orang yang terbagi bertugas menerima berkas lamaran di tiap kecamatan se-Jembrana. Sabtu (23/7)

“PT Mitra Prodin dari awal melobi akan membangun pabrik di Jembrana, kami menekankan dua hal. Di antaranya menyangkut corporate social responsibility (CSR) dan tenaga kerja. Dari jumlah sekitar 6.000 hingga 7.000 tenaga yang akan direkrut, saya pun meminta minimal 90 persen adalah warga Jembrana. Begitu juga meminta program-program CSR untuk dibawa ke Jembrana,” terangnya didampingi Sekda Jembrana I Made Budiasa, dan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) Jembrana Made Gede Budhiarta

Jajarannya dari Pemkab Jembrana, lanjut Tamba, juga akan ikut mengawal proses rekrutmen. Salah satunya adalah membantu layanan penerimaan lamaran warga Jembrana, yang bisa dititipkan lewat Camat di tiap kecamatan. Di samping itu, juga ada dari Dinas PMPTSPTK Jembrana yang akan memberi pengawasan terkait aturan ketenagakerjaan.

"Kenapa kita ikut terlibat? Karena ini banyak. Dari Dinas Tenaga Kerja (PMPTSPTK) Jembrana kita ikut mengawasi, memberikan supervisi terkait hak-hak pekerja. Seperti menjamin adanya asuransi tenaga kerja, BPJS Kesehatan, termasuk standar pengupahan sesuai UMK (Upah Minimun Kabupaten). Jadi nanti semua BPJS Kesehatan warga kita yang direkrut, wajib ditanggung perusahaan. Dan itu juga akan berdampak untuk kelonggaran bagi pemerintah (tanggungan BPJS Kesehatan dari Pemkab)," ucapnya.

Ia menambahkan, dalam proses rekrutmen tenaga kerja perusahaan itu, dipastikan gratis. Untuk itu, dirinya pun mengimbau kepada masyarakat Jembrana waspada ketika ada oknum yang berusaha memanfaatkan rekrutmen besar-besaran ini. "Tidak ada permainan uang, semua gratis. Tinggal bawa lamaran, masuk aplikasi, nanti akan dilakukan interview. Rencananya untuk interview tahap pertama yang akan kita laksanakan bulan Agustus nanti, saya akan mengundang Wakil Menteri Tenaga Kerja. Nanti beliau menyatakan akan hadir ke Jembrana," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PMPTSPTK Jembrana Made Gede Budhiarta menjelaskan, tenaga kerja yang banyak direktur PT Mitra Prodin adalah tim produksi yang bertugas melinting kertas rokok. Adapun lowongan untuk tim produksi itu, disyaratkan untuk perempuan usia 18-35 tahun dengan pendidikan terkahir minimal SMP. Kalaupun melebihi usia 35 tahun, juga akan difasilitasi.

"Tetap kita fasilitasi (ketika ada pelamar di atas usia 35 tahun). Nanti dalam perekrutan kan ada seleksi. Selama masih produktif dan memang mau bekerja, masih bisa. Tetapi yang prioritas sesuai dengan kebijakan perusahaan bersangkutan, perempuan usia 18-35 tahun dengan pendidikan minimal SMP. Dan ada syarat wajib sudah vaksin booster (vaksin Covid-19 dosis III)," ucap Budhiarta.

Untuk pendaftaran nanti ada 8 tahapan penerimaan, tahap pertama akan dibuka untuk 800 orang dengan Batasan umur 18 sampai 35 tahun namun nantinya pengecualian untuk pekerja yang masih produktif dan memang sanggup bekerja. “Nanti lamaran sudah bisa diserahkan di setiap Kecamatan mulai hari ini sampai tanggal 5 Agustus 2022, tahap seleksi nantinya tanggal 23 Agustus 2022. Juga nantinya ada proses training di Denpasar yang bertujuan mempelajari karakteristik maupun etos kerja warga Jembrana," tutupnya.