Tamba- Ipat Bagikan Babi Kepada Desa Adat Se Jembrana Menyambut Hari Raya Nyepi

  26 Februari 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba serahkan bantuan babi kepada warga desa adat

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana.  Selama 1 tahun kepemimpinan Bupati I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati dan I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) serta bertepatan menjelang Hari Raya Nyepi 2022, Pemerintah Kabupaten Jembrana memberikan bantuan hewan berupa babi kepada Desa Adat se Kabupaten Jembrana

Bantuan ini merupakan yang pertama di Kabupaten Jembrana bahkan yang pertama di Bali. Selama setahun kepemimpinan Tamba-Ipat, satu demi satu program pada saat masa kampanye di realisasi termasuk bantuan hewan babi tersebut. Pembagian tersebut dilakukan di setiap kecamatan, dan masing-masing babi seberat 100 kg.

Kepemimpinannya ini merupakan tonggak awal untuk melaksanakan pemerintahan yang lebih baik kedepannya. Selain itu kegiatan ini juga dimaknai sebagai momentum evaluasi serta mempertegas keinginan untuk segera merealisasikan berbagai janji yang disampaikan berupa perbaikan dalam berbagai bidang di Jembrana.

Saat dikonfirmasi awak media, Bupati Jembrana, I nengah Tamba mengatakan, program pembagian babi satu-persatu kepada desa adat tersebut, merupakan program Tamba-Ipat pertama, untuk memenuhi janji-janji kampanye dahulu. “Asrungkara diterima dengan baik oleh seluruh desa ada. Ini merupakan bantuan yang meringankan beban desa adat dimasa pandemi,” terangnya. Sabtu (26/2/2022).

Bantuan ini, lanjut Tamba, untuk meringankan pada saat beryadnya melaksanakan upacara menyambut Hari Raya Penyepian, Pemelastian Ida Batara biasanya dilakukan pekemitan. “Hari ini kami Tamba Ipat Astungkara ini akan menjadi program yang berkelanjutan setiap tahun. Untuk sekarang kami mohon maaf karena baru bisa memberikan di setiap desa cuman satu babi, kedepannya astungkara bisa lebih dari satu,” ujarnya.

Dirinya bersama wakil bupati saat dilantik dulu, memperhatikan setiap Hari Raya Idul Adha banyak komen-komen di media social sementon Hindu, bahwa dibilah perayaan umat hindu juga membutuhkan bantuan. “Menanggapi hal tersebut, kita sisakan sedikit APBD untuk mengisi dari pada apa yang menjadi kewajiban kita untuk membantu meringankan pelaksanaan daripada hari raya Nyepi

Dirinya bersama  Pak Ipat membantu satu ekor babi untuk memenuhi perlengkapan upacara yadnya dan sisanya dimakan untuk keluarga. Program ini akan kami pertahankan dan rutin setiap tahunnya menjelang Hari Raya Nyepi. Mohon doa restu masyarakat kabupaten Jembrana kita tetap bekerja keras dalam situasi covid-19 kami bisa meringankan beban masyarakat,” ucapnya.

Tamba juga berharap kepada masyarakat agar tetap mendukung visi dan tujuan pemerintah kabupaten Jembrana untuk mensejahterakan masyarakat. “Astungkara ini sama-sama karena juga kami tidak bisa bekerja juga Kalau tidak ada Bendesa- Bendesa kami yang ada juga masyarakat semua bersatu sekarang harus bahagia. Saya bersama Pak Ipat mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi kepada umat sedharma khususnya di Kabupaten Jembrana.