Tabanan Selenggarakan Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa Kabupaten Tabanan 2017

  27 Mei 2017 OLAHRAGA Tabanan

Humas Kabupaten Tabanan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Tabanan. Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Dinas Pendidikan melaksanakan Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa Kabupaten Tabanan Tahun 2017. Kegiatan tersebut dibuka oleh dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa Sabtu sore (27/5/2017) bertempat di Lapangan Wagimin Tabanan.
 
Hadir dalam acara tersebut deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Pusat DR Yuni Poerwanti, Perwakilan Dinas Provinsi Bali, Rindam IX Udayana. Ketua KONI Tabanan Dewa Gede Ary Wirawan dan perwakilan OPD Kabupaten Tabanan.
 
Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan  I Wayan Adnyana dalam laporannya mengatakan  maksud kegiatan ini adalah untuk mendukung gerakan masyarakat sehat (Germas) melalui gerakan “Ayo Olahraga”. Mendukung kebijakan revolusi mental melalui olah raga dan mendukung kebijakan pembangunan yang dimulai dari tingkat desa, juga terluar atau terdepan.
 
Ditambahkan Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa tersebut bertujuan untuk menjadikan masyarakat sehat dan bugar, terciptanya ketahanan nasional(persaudaraan, sportivitas,disiplin, dan karakter yang tangguh) serta menggali potensi atau bakat olahraga yang berasal dari desa untuk dikembangkan di tingkat nasional dan internasional. Cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi sepak bola, sepak takraw, bola Volly.
 
 
Bulu tangkis, tenis meja dan atletik yang pelaksanaannya dilakukan secara serentak di enam desa,dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat di pedesaan untuk kelompok pelajar dan umum.“ Ada enam cabang olah raga yang dipertandingkan, dan secara serentak di enam desa. Setiap desa menyelenggarakan 1 cabang olahraga, “ jelasnya.
 
Masih kata Adnyana kegiatan Gala desa dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu,  mulai dari tanggal 27 mei sampai 29 juli 2017 sedangkan untuk Gowes Pesona Nusantara dengan bersepeda akan dilaksanakan tanggal 30 Juli 2017 dengan start dan finish di depan kantor Bupati Tabanan.
 
”Gala Desa kita mulai hari ini tanggal 27 Mei 2017 dengan pelaksanaannya setiap sabtu dan minggu, sedangkan gowes pesona nusantara dengan bersepeda  akan kita laksanakan tanggal 30 juli 2017 dengan mengambil start dan finish di depan kantor Bupati Tabanan,”ungkapnya.
 
Bupati Tabanan dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa mengatakan dengan adanya Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa 2017 akan memunculkan bibit olah raga yang potensial dan dapat meningkatkan sportivitas dan solidaritas masyarakat desa.
 
”Kita berharap dengan kegiatan ini muncul bibit olah raga, meningkatnya sportivitas dan solidaritas masyarakat desa, sekaligus  membangun karakter yang tangguh sehingga mampu ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan  di Kabupaten Tabanan seiring dengan visi serasi yaitu sejahtera, aman dan berprestasi,”ujarnya.
 
Wirna menambahkan Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa merupakan implementasi gerakan “Ayo Olahraga”,guna terciptanya pembudayaan olahraga di masyarakat desa dengan harapan terciptanya budaya olah raga di masyarakat pedesaan dalam rangka meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani , munculnya masyarakat berpotensi olahraga dan memiliki karakter yang kuat.
 
Diakhir sambutannya Sekda Wirna berpesan kepada atlet yang mewakili desanya, selama berkompetisi berjuanglah dengan kemampuan yang maksimal penuh dengan sportivitas yang tinggi.  
 
“Saya berpesan kepada atlet yang berkompetisi berjuanglah dengan kemampuan yang maksimal penuh dengan sportivitas yang tinggi,” tutupnya.
Usai acara pembukaan , dilaksanakan pertandingan perdana dari cabang sepak bola, yaitu Tim Desa Tunjuk berhadapan dengan Desa Dauh Peken Tabanan. (BB)