Sukses Wujudkan Denpasar Kota Cerdas Pangan, Kerjasama Pemkot Denpasar dan Rikolto Jadi Percontohan Nasional

  22 Agustus 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Kerjasama Pemerintah Kota Denpasar bersama Rikolto menjadi percontohan nasional kerjasama yang memberikan kemanfaatan positif. Hal tersebut setelah kerjasama keduanya mampu mewujudkan Denpasar sebagai Kota Cerdas Pangan. Ataa keberhasilan tersebut, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa diundang menjadi Narasumber pada Rapat Koordinasi Kerja Sama 2023 dengan Mitra Dalam dan Luar Negeri yang diselenggarakan oleh Kemendagri di The Hotel Sultan & Residence Jakarta, Selasa (22/08). 

Pada kesempatan tersebut, Wawali Arya Wibawa didampingi oleh Kadis Kominfos, IB Alit Adhi Merta dan Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan, IB Mayun Suryawangsa menyampaikan bahwa kerjasama Pemkot Denpasar dan Rikolto diawali dengan adanya keinginan untuk mewujudkan Kota Cerdas Pangan di Kota Denpasar. Meski demikian, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi seperti, Keterbatasan Lahan dan Konsumsi Pangan yang Kurang Bijak. 

“Rikolto menjadi mitra kami untuk mewujudkan Kota Cerdas Pangan. Untuk tercapainya hal tersebut Rikolto memberikan penguatan kapasitas pengelolaan pangan sehat melalui pemanfaatan food loss dan food waste,” ujar Arya Wibawa

Lebih lanjut disampaikan, Komitmen Pemkot Denpasar mewujudkan Kota Cerdas Pangan dengan Rikolto telah dituangkan dalam “ Pakta Milan” yang ditandangani pada Tanggal 2 Januari 2023. Sehingga program dan inovasi guna mendukung Denpasar sebagai Kotq Cerdas Pangan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. 

“Kami menyadari Kota Denpasar bukan merupakan daerah produsen penyediaan pangan, sehingga perlu dilakukan kerjasama dengan daerah penyangga dan dengan mitra kerjasama lainnya. Hal tersebut akan sangat membantu memperkiat sistem dan ekosistem dalam mewujudkan Kota Cerdas Pangan yang berkelanjutan,” ujarnya

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Mohamad Tito Karnavian dalam arahannya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan keberhasilan kerjasama yang dilakukan beberapa Pemerintah Daerah. Hal ini utamanya dengan para mitra dalam menghadapi tantangan Global dan mempercepat pemulihan ekonomi. Dengan Kolaborasi, diharapkan akan ada kecerdasan kolektif yang tercipta. Sehingga secara berkelanjutan mampu memecahkan tantangan global yang kompleks dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan untuk semua.

“Tantangan global memang bukan persoalan sederhana. Namun dengan strategi tepat dan kolaborasi kuat, kita harus tetap bertumbuh lebih kuat bersama," ujar Tito. (Rls/BB)