Sekaa Janger Padma Gita Tampilkan Prastiteng Ing Samudera di Gelaran PKB XLV

  24 Juni 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Sekaa Janger Padma Gita Br. Bengkel Desa Sumerta Klod sebagai Duta Kota Denpasar menampilkan utsawa (parade) Janger Klasik Melelampahan yang bertajuk “ Prastiteng Ing Samudera ” yang dipentaskan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Centre, di ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke XLV, Jumat (23/6).

Koordinator Sekaa Janger Padma Gita, I Made Wismaya mengatakan bahwa “ Prastiteng Ing Samudra ”  sendiri menceritakan setelah berakhirnya perang Barata Yudha, Panca Pandawa mendirikan sebuah kerajaan yang bernama Indraprasta, saat diadakan upacara yadnya untuk mensucikan kerajaan baru tersebut munculah sosok raksasa yang menyebarkan wabah penyakit kepada penduduk Indraprasta.

Hal tersebut membuat Panca Pandawa sangat sedih, namun atas bantuan Sri Kresna dan Aji Tenung yang dimiliki, diketahui bahwa sosok raksasa tersebut adalah Detya Dursana yang merupakan jelmaan dari Prabu Duryudhana yang ketika perang Barata Yudha terbunuh dan jasadnya dibuang ke dalam samudera. Oleh karena peristiwa itu dilaksanakanlah upacara “Yadnya Prastiteng Ing Samudera” yang bertujuan untuk mensucikan Samudera dari jasad Prabu Duryudhana.

“Suatu kehormatan bagi kami khususnya di Sekaa Janger Padma Gita yang didapuk sebagai Duta Kota Denpasar sehingga dapat mementaskan Janger di ajang PKB tahun ini ,” ujar Made Wismaya. Dia berharap dengan diadakanya pementasan Janger seperti ini dapat terus melestarikan warisan leluhur budaya Bali serta dapat menyampaikan pesan positif kepada masyarakat yang menyaksikan. (Rls/BB)