Seekor Kera Berkeliaran di Pemukiman, Petugas Damkar, Keswan dan Satpol PP Turun Tangan

  23 Maret 2021 PERISTIWA Jembrana

Foto: Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya, Jembrana - Seekor kera lumayan besar keluar habitatnya nekat menyerbu pemukiman warga. Lantaran membuat resah, kawanan kera liar yang masuk ke pemukiman di kelurahan Baler Bale Agung, utara Kuburan Cina dihalau Petugas Pemadam Kebakaran. 

Petugas Damkar Pemkab Jembrana, Minggu (21/3/2021) mendapat tugas tambahan. Mereka yang biasanya memadamkan api diminta untuk memburu seekor kera liar yang membuat resah karena masuk ke pemukiman hingga naik ke atap rumah.

Perburuan kera berekor panjang itu dilakukan setelah regu 3 Damkar mendapat laporan dari I Kadek Putra, kalau ada seekor kera liar masuk ke pemukiman warga.

Kera jantan yang cukup besar itu membuat warga yang rumahnya didatangi ketakutan. Regu 3 Damkar Pemkab Jembrana yang datang ke lokasi kemudian berusaha menangkap kera itu. Namun karena alat yang digunakan seadanya maka anggota Damkar kesulitan menangkap kera liar tersebut.

Upaya penangkapan dari pukul 09.30 sampai pukul 13.00 belum membuahkan hasil. Karena sulit menangkap kera itu, petugas Damkar kemudian berkoordinasi dengan bidang Keswan Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana agar dibantu obat bius hewan. Akhirnya kera liar itu berhasil dilumpuhkan setelah tiga kali ditembak dengan sumpit berpeluru obat bius oleh petugas Keswan.

"Kami bersama petugas Keswan dan berhasil menangkap kera liar itu," ujar Kabid Linmas dan Pemadam Kebakaran Pemkab Jembrana, I Putu Pranajaya.

Keran yang sudah dilumpuhkan dengan obat bius itu lalu diperiksa kesehatannya. Selanjutnya kera itu dimasukan ke kandang besi kemudian diamankan di kantor Satpol PP.

Setelah semalam diamankan di kantor Satpol PP kemudian dikoordinasikan dengan KSDA dan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Hasilnya disepakati kera liar itu dilepasliarkan ke habibatnya di hutan TNBB Senin (22/3/2021).

"Setelah berkordinasi dgn Pihak KSDA dan TNBB, Kera liar tersebut di lepas ke habitatnya di hutan Cekik wilayah Taman Nasional Bali Barat," jelasnya. (Jun/ BB)